Meidiyanti, Pratiwi (2017) Pengembangan media scrapbook subtema komponen ekosistem untuk kelas V sekolah dasar / Pratiwi Meidiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Meidiyanti Pratiwi. 2017. Pengembangan Media Scrapbook Subtema Komponen Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Prodi PGSD. Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sukamti M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran scrapbook komponen ekosistem sekolah dasar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Bunulrejo 5 Malang dibutuhkannya media penunjang muatan IPA. Hasil analisis buku siswa tema 8 subtema 1 Komponen Ekosistem dilakukan untuk mengetahui persebaran muatan IPA dan materi yang terdapat di buku siswa untuk menentukan materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dikembangkan dalam media pembelajaran. Produk pengembangan media pembelajaran ini berupa media scrapbook. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran Scrapbook tema 8 Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem pembelajaran 1 2 dan 5 untuk kelas V yang layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil evaluasi oleh ahli media ahli materi dan ahli pengguna (guru dan siswa) serta mengetahui keefektifan media scrapbook. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen angket tertutup yang diberikan kepada konsultan ahli. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan menjumlah skor perolehan yang diberikan oleh konsultan ahli dan disesuaikan dengan tabel kriteria tingkat kelayakan media scrapbook. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Dick Carey yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Media scrapbook yang dikembangkan berupa buku tempel. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba lapangan sebagai berikut (1) rata-rata presentase ahli media 94 7% termasuk kriteria sangat layak dapat digunakan dan tanpa revisi (2) rata-rata presentase ahli materi 95% termasuk kriteria sangat layak dapat digunakan dan tanpa revisi (3) rata-rata presentase ahli pengguna guru 97 2% dan ahli pengguna siswa 91 5% termasuk kriteria sangat layak dapat digunakan dan tanpa revisi (4) rata-rata persentase pre test 42 91% dan post test 90 41%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media scrapbook efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan media pembelajaran scrapbook lebih lanjut sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi sekolah dan hasil anlaisis yang telah dilakukan oleh peneliti selanjutnya.Untuk melengkapi pembelajaran 3 4 dan 6 peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media diorama Pop Up Book dan atau CD Interaktif berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti selanjutnya. ABSTRACT Meidiyanti Pratiwi. 2017. The Development of Scrapbook Media Subtheme Component Ecosystem for Fifth Grade Elementary School. Bachelor Thesis. Elementary School Teacher Education Program. Department of Primary School and Preschool Faculty of Education State University of Malang. Advisor (I) Dra. Hj. Sukamti M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Keywords learning media scrapbook component ecosystem elementary school Based on the results of observations and interviews conducted in SDN Bunulrejo 5 Malang required IPA supporting media content. The results of the analysis of the student s book theme 8 subtema 1 components of the ecosystem conducted to know the charge distribution in the IPA and the material contained in the book the student to determine learning objectives and learning material that will be developed in the medium of instruction. The product of this form of learning media development media scrapbook. This research was conducted with the aim of producing products in the form of learning media Scrapbook theme 8 ecosystem subtema 1 Ecosystem learning Components 1 2 and 5 for class V and can be used in learning based on the results of the evaluation by experts media materials and expert users (teachers and students) as well as knowing the effectiveness of media scrapbook. This research uses quantitative data research techniques and qualitative data. Data collection was done by observation interview and questionnaire. Instruments used to collect data in the form of closed questionnaire instruments provided to expert consultants. To maintain the validity of the data it is done by summing up the scores obtained by the expert consultants and adapted to the criteria table of the feasibility level of the scrapbook media. The research procedure used is the Dick Carey development model that has been modified and adapted to the needs of the research. Media scrapbook developed in the form of a sticky book. The results of the analysis of data obtained from field trials as follows (1) the average percentage of the media expert 94.7% includes criteria very feasible usable and without revision (2) the average percentage of expert material 95% includes criteria very feasible usable and without revision (3) the average percentage of the expert user and expert teachers 97.2% 91.5% of student users includes criteria very feasible usable and without revision (4) the average percentage of pre test and post test 42.91% 90.41%. Based on these data it can be concluded that the effective and proper scrapbook media used in learning. For researchers who want to further develop the learning media scrapbook more preferably adjusted in advance with the school conditions and results anlaisis that has been done by researchers. To complement the learning of 3 4 and 6 the next researcher can develop media diorama a Pop Up Book Interactive CD and or based on the results of the analysis conducted by the researcher.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6564 |
Actions (login required)
View Item |