Peningkatan hasil belajar IPS materi koperasi melalui model Think Pair Share (TPS) kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar / Mochamad Bakir - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS materi koperasi melalui model Think Pair Share (TPS) kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar / Mochamad Bakir

Bakir, Mochamad (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi koperasi melalui model Think Pair Share (TPS) kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar / Mochamad Bakir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bakir Mochamad. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi tentang Koperasi Melalui Model Think Pair Share (TPS) Kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S.Pd. M.Pd(2) Dra. Widayati M.H Kata kunci model pembelajaran think pair share hasil belajar koperasi Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN Sentul 04 Kota Blitar menunjukkan (1) guru belum mengarahkan siswa untuk berpikir logis dan kritis menggunakan metode ceramah dan penugasan belum menghadapkan siswa pada situasi kerja kelompok atau diskusi (2) siswa pasif rasa individual yang tinggi dan siswa membuat gaduh dalam kegiatan (3) hasil belajar siswa yaitu hanya 25 dari 38siswa (66%) mendapatkan nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share(TPS) dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share (TPS) pada materi koperasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi catatan lapangan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Think Pair Share (TPS) dilaksanakan dengan baik oleh guru dan siswa. Siswa antusias dalam mengikuti setiap kegiatan dalam pembelajaran. Persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 79% meningkat menjadi 96% pada siklus II. Diketahui bahwa aktifitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 76% masuk kategori cukup dan meningkat menjadi 87% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 62 dan ketuntasan kelas 34% sebelum tindakan menjadi rata-rata 74 65 dan ketuntasan kelas 72% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi rata-rata 81.2 dan persentase ketuntasan 87%. Kesimpulan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) pada materi koperasi dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan guru untuk menerapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif seperti Think Pair Share (TPS) siswa lebih percaya diri menjalin kerjasama yang baik saat bekerja kelompok dan bagi peneliti lainnya hendaknya menggunakan kegiatan pembelajaran yang bervariasi untuk menciptakan situasi belajar yang baru dan juga menyenangkan agar siswa tidak merasa bosan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6563

Actions (login required)

View Item View Item