Maidalisa (2017) Analisis muatan nilai-nilai umum yang terkandung dalam muatan materi IPS pada buku siswa semester 1 kelas V SD.MI kurikulum 2013 / Maidalisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maidalisa. 2017. Analisis Muatan Nilai-nilai Umum yang Terkandung dalam Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Muchtar S.Pd. M.Si (II) Dra. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Analisis Nilai-nilai Umum IPS Kurikulum 2013 Buku ajar adalah salah satu sumber dalam proses pembelajaran. Buku siswa merupakan salah satu buku ajar. Buku siswa adalah salah satu sumber belajar untuk siswa yang disediakan oleh pemerintah mencakup materi-materi pembelajaran. Berdasarkan analisis awal ditemukan kekurangsesuaian antara muatan nilai-nilai umum dengan muatan materi IPS yang terdapat pada buku siswa semester 1 kelas V SD/MI kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian materi pembelajaran dengan beberapa hal yaitu (1) delapan muatan nilai-nilai umum (2) nilai-nilai yang dominan dan (3) nilai-nilai yang tidak sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berupa analisis isi/materi pembelajaran pada buku siswa semester 1 kelas V SD/MI kurikulum 2013. Sumber data berupa buku siswa semester 1 kelas V SD/MI kurikulum 2013 tema 1 sampai dengan tema 5 cetakan ke-1 tahun 2014. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menjelaskan tentang suatu keadaan secara objektif dan pengambilan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan waktu. Berdasarkan hasil analisis kesesuaian antara nilai-nilai umum yang terkandung dalam muatan materi IPS pada buku siswa semester 1 kelas V SD/MI kurikulum 2013. Secara rinci dipaparkan sebagai berikut (1) kesesuaian 8 nilai umum dengan materi IPS sudah sesuai (2) nilai yang dominan kesesuainnya yaitu nilai kegiatan nyata dan (3) nilai yang tidak sesuai dengan muatan materi IPS yaitu nilai ikrar kesetiaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum antara muatan nilai-nilai umum dengan muatan materi IPS sudah tergolong sesuai dengan rincian sebagai berikut (1) kesesuaian 8 nilai-nilai umum dengan muatan materi IPS tergolong sudah sesuai (2) nilai yang dominan keseuaiannya dengan muatan materi IPS yaitu nilai kegiatan nyata dan (3) nilai-nilai yang tidak sesuai dengan muatan materi IPS yaitu nilai ikrar kesetiaan. Berdasarkan kesimpulan tersebut diajukan saran yaitu (1) materi IPS harus memuat 8 nilai-nilai umum IPS (2) materi yang diajarkan bersifat kegiatan nyata dan (3) materi IPS harus memuat nilai ikrar kesetiaan karena nilai ikrar kesetiaan merupakan nilai cinta damai dan nilai cinta tanah air. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga dapat terselesaikan skripsi dengan judul Analisis Muatan Nilai-nilai Umum yang Terkandung dalam Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 ini dengan baik. Shalawat serta salam penulis panjatkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang benar bagi manusia dalam kehidupan yang beragama dan beradab. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini banyak mendapatkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih kepada. 1.Bapak Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M. Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan izin dalam penelitian ini. 2.Bapak Drs. Imam Nawawi M.Si selaku Ketua Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang yang telah memberikan kemudahan segala pengurusan dalam penyelesaian skripsi ini. 3.Bapak Drs. Dimyati S.Pd M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang yang telah memberikan pengarahan dalam penyelesaian skripsi ini. 4.Bapak Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd selaku Penguji pertama yang telah menguji dan memberikan masukan dalam menyelesaikan skripsi ini. 5.Bapak Muchtar S.Pd. M.Si selaku Dosen Pembimbing pertama yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam menyelesaikan skripsi ini. 6.Ibu Dra. Murtiningsih M.Pd selaku Dosen Pembimbing kedua yang telah memberikan arahan dalam menyelesaikan skripsi ini. 7.Kedua Orang Tua dan keluarga besar lainnya yang selalu memberikan motivasi dan dukungan serta doa kepada penulis demi kelancaran menyelesaikan skripsi ini. 8.Desri Musraidi S.Kom yang telah memberikan semangat dukungan dan motivasi serta setia menemani penulis sejak menyandang status mahasiswa sampai menyandang gelar sarjana dalam menyelesaikan skripsi ini. 9.Keluarga besar PGSD offering GT yang telah memberikan motivasi dan dukungan dalam menyelesaikan skripsi ini. Dengan terselesaikan skripsi ini semoga Allah SWT memberikan pahala kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung penulis dalam penyelesaian penulisan skripsi ini. Penulisan skripsi ini masih jauh dari kata sempurna oleh karena itu kritik dan saran yang membangun diharapkan oleh penulis untuk perbaikan penulisan skripsi ini. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi pembaca dan perkembangan pendidikan di masa yang akan datang. Malang 06 April 2017 Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i KATA PENGANTAR ii DAFTAR ISI iv DAFTAR LAMPIRAN vi BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah 1 B.Rumusan Masalah 6 C.Landasan Teori 7 1.Pengertian dan Karakteristik Buku Pelajaran 7 2.Buku Siswa pada Kurikulum 2013 8 3.Hakikat Pembelajaran IPS SD 10 a.Pengertian IPS 10 b.Tujuan Pembelajaran IPS 13 c.Pembelajaran IPS di Kelas V SD/MI 14 d.Delapan Nilai dalam Pembelajaran IPS 15 D.Kegunaan Penelitian 18 BAB II METODE PENELITIAN A.Pendekatan Penelitian20 B.Kehadiran Peneliti21 C.Lokasi Penelitian22 D.Sumber Data22 E.Prosedur Pengumpulan Data23 F.Analisis Data 24 G.Pengecekan Keabsahan Temuan 25 H.Tahap-tahap Penelitian 25 1.Tahap Perencanaan 26 2. Tahap Pelaksanaan 26 3.Tahap Penyelesaian 28 BAB III PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN A.Paparan Data29 1.Paparan Data tentang Kesesuaian antara 8 Nilai-nilai Umum dengan Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 201329 2.Paparan Data tentang Analisis Nilai-nilai Manakah yang Dominan Kesesuaiannya dengan Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013141 3.Paparan Data tentang Analisis Nilai-nilai Mana saja yang tidak Sesuai dengan Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013233 B.Temuan Penelitian246 BAB IV PEMBAHASAN A.Kesesuaian antara 8 Nilai-nilai Umum dengan Muatan Materi IPS pada Buku Semester 1 Siswa Kelas V SD/MI Kurikulum 2013249 B.Nilai-nilai yang Dominan Kesesuaiannya dengan Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013296 C.Nilai-nilai yang tidak Sesuai dengan Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013298 BAB V PENUTUP A.Kesimpulan 359 B.Saran360 DAFTAR RUJUKAN 362 RIWAYAT HIDUP619 DAFTAR LAMPIRAN Halaman 1.Analisis Muatan Nilai-nilai Umum yang Terkandung dalam Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar 365 2.Analisis Muatan Nilai-nilai Umum yang Terkandung dalam Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Tema II Peristiwa dalam Kehidupan 418 3.Analisis Muatan Nilai-nilai Umum yang Terkandung dalam Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Tema III Kerukunan dalam Bermasyarakat 467 4.Analisis Muatan Nilai-nilai Umum yang Terkandung dalam Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Tema IV Sehat itu Penting 517 5.Analisis Muatan Nilai-nilai Umum yang Terkandung dalam Muatan Materi IPS pada Buku Siswa Semester 1 Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Tema V Bangga sebagai Bangsa Indonesia 569
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |