Peningkatan hasil belajar IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Banjarejo Kabupaten Malang / Nanang Adi Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Banjarejo Kabupaten Malang / Nanang Adi Prabowo

Prabowo, Nanang Adi (2017) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Banjarejo Kabupaten Malang / Nanang Adi Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabowo Nanang Adi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V SDN Banjarejo Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Ke-pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd (II) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata kunci hasil belajar pembelajaran IPS model problem based learning (PBL) Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPS yang dilakukan di kelas V SDN Banjarejo Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah hal ini dilihat dari 14 siswa hanya 5 siswa (35 7%) yang tuntas belajar dan 9 siswa (64 3%) yang belum tuntas belajar disebabkan aktivitas guru masih menggunakan metode ceramah tidak menggunakan media pembelajaran dan tidak ada kegiatan kelompok serta siswa masih pasif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar model problem based learning (PBL) pada mata pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Banjarejo Kabupaten Tulungagung melalui model problem based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes observasi dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 84 6% pada siklus II sebesar 100% meningkat sebesar 15 4% . Sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69% kriteria baik dan meningkat pada siklus II sebesar 90 7% dengan kriteria sangat baik meningkat sebesar 21 7%. Terjadi peningkatan hasil belajar. Hasil belajar siswa pada tahap pratindakan mencapai nilai rata-rata kelas 61 21 dan ketuntasan klasikal 35 7%. Setelah dilaksanakan siklus I hasil belajar siswa ketuntasan klasikal menjadi 53 5%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 82 1% dengan kriteria baik meningkat sebesar 28 6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran IPS materi menghargai peranan tokoh mempersiapkan kemerdekaan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa yang sesuai dengan langkah-langkah model problem based learning (PBL) serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan guru dapat menggunakan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6558

Actions (login required)

View Item View Item