Ardini, Reza (2017) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media lingkungan sekolah kelas III SDN Tulungrejo 3 Gandusari Kabupaten Blitar / Reza Ardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardini Reza. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Lingkungan Sekolah Kelas III SDN Tulungrejo 3 Gandusari Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata Kunci menulis puisi media lingkungan sekolah Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SDN Tulungrejo 3 Gandusari Kabupaten Blitar ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis puisi. Dalam pelaksanaannya guru masih menggunakan cara mengajar konvensional dan siswa hanya diberikan penjelasan serta tugas-tugas tanpa mendapatkan pengarahan dan bimbingan dalam menulis puisi yang benar. Akibatnya siswa masih kesulitan dalam penggunaan pilihan kata menentukan objek apa yang akan dijadikan puisi. Hal tersebut terlihat dari nilai ketuntasan yang menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa masih rendah. Hanya terdapat 8 siswa yang memenuhi nilai KKM dengan persentase ketercapaian sekitar 44% sedangkan 10 siswa belum memenuhi KKM dengan persentase ketercapaian sekitar 55%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media lingkungan sekolah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media lingkungan sekolah dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 83% aktivitas siswa pada siklus I mencapai 84% meningkat pada siklus II menjadi 91%. Siswa aktif dan antusias dalam melaksanakan setiap kegiatan dalam media lingkungan sekolah. Terjadi peningkatan hasil keterampilan siswa dalam menulis puisi. Nilai rata-rata keterampilan siswa pada pratindakan sebesar 74 dengan ketuntasa klasikal 44% meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 77 dengan ketuntasan klasikal 71% dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81 dengan ketuntasan 89%. Kesimpulan bahwa penerapan media lingkungan sekolah dalam pembelajara menulis puisi telah dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik serta dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas III SDN Tulungrejo 3 Gandusari Kabupaten Blitar. Guru hendaknya meningkatkan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lingkungan sekolah karena dapat mengingkatkan aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6557 |
Actions (login required)
View Item |