Peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur cerita melalui menyimak video cerita pada siswa kelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Imam Muslih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur cerita melalui menyimak video cerita pada siswa kelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Imam Muslih

Muslih, Imam (2017) Peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur cerita melalui menyimak video cerita pada siswa kelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Imam Muslih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muslih Imam. 2017. PeningkatanKeterampilanMengidentifikasiUnsurCeritaMelaluiMenyimak Video CeritaPadaSiswaKelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar.SkripsiProdi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd. (2) Dr. AlifMudiono M.Pd. Kata kunci Mengidentifikasiunsurcerita menyimak video cerita kelas V Berdasarkanhasilpengamatan yang dilakukanolehpenelitipadakelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitardalammengidentifikasiunsurceritadiketahuibahwa (1) siswamasihbanyak yang belumdapatmengidentifikasiunsurcerita (tema tokoh tempat pesan) (2) materimengidentifikasiunsurcerita yang disajikan guru kurangmenarikbagisiswa karenapembelajarannyahanyaberpusatpada guru (3) guru saatmengajarhanyamenggunakanmetodeceramah (5) nilaipersentaseketuntasansiswadalamketerampilanmengidentifikasiunsurceritamasihrendahyakni 26% siswa yang tuntasdan 74% siswabelumtuntas. Rata-rata perolehankelasmasihrendahyakni 56.Olehkarenaituperludiadakanpenelitianuntukmeningkatkanketerampilammengidentifikasiunsurcerita.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmenyimak video ceritadalammeningkatkanketerampilanmengidentifikasiunsurceritadanmendeskripsikanpeningkatanketerampilanmengidentifikasiunsurceritamelaluimenyimak video ceritakelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas (PTK).Penelitianinidilakukan 2 siklus.Setiapsiklusterdiri 2 pertemuan.Model penelitianiniterdiridari 4 tahapanpenelitianyakniperencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanobservasi dokumentasi wawancara dancatatanlapangan.Teknikanalisis data yang digunakanmeliputireduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitiandenganmenerapkankegiatanmenyimak video ceritamengalamipeningkatanyakni aktivitas guru padasiklus I memperoleh rata-rata 78%.Padasiklus II hasilaktivitas guru mengalamipeningkatanyaknimemperoleh rata-rata94%.Aktivitassiswapadasiklus I memperoleh rata-rata 75%.Padasiklus II hasilaktivitassiswamengalamipeningkatanyaknimemperoleh rata-rata 88%.Sementaraituketerampilanmenyimak video ceritasiswapadasiklus I memperolehrata-rata 68%.Padasiklus II penilaianketerampilanmengidentifikasiunsurceritamengalamipeningkatandenganmemperoleh rata-rata 90%. Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmenyimak video ceritadapatmeingkatkanaktivitas guru danaktivitassiswa di kelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar.Disarankankepada guru untukmenerapkankegiatanmenyimak video cerita agar keterampilanmengidentifikasiunsurceritakelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitarmeningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6556

Actions (login required)

View Item View Item