Peningkatan hasil belajar tema indahnya keberagaman di negeriku melalui model think pair share pada siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar / Rahayu Nur Alfiatush Sholikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar tema indahnya keberagaman di negeriku melalui model think pair share pada siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar / Rahayu Nur Alfiatush Sholikhah

Sholikhah, Rahayu Nur Alfiatush (2017) Peningkatan hasil belajar tema indahnya keberagaman di negeriku melalui model think pair share pada siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar / Rahayu Nur Alfiatush Sholikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholikhah Rahayu Nur Alfiatush. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku melalui Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Widayati M.H (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si Kata Kunci Hasil Belajar Indahnya Keragaman di Negeriku Think Pair Share Di SDN Bendo 1 Kota Blitar menggunakan kurikulum 2013. Tetapi guru masih menerapkan metode ceramah. Guru tidak melakukan monitoring pada siswa. Siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu siswa ramai dengan temannya sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Dari 25 siswa kelas IV ada 8 siswa (32%) yang mencapai nilai KKM dan 17 siswa (68%) belum mencapai nilai KKM. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku melalui penerapan model Think Pair Share. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dengan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahap reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terhadap aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 75% dengan predikat baik meningkat menjadi 91 7% dengan predikat sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 63 7% dengan predikat cukup dan meningkat menjadi 87 3% dengan predikat sangat baik pada siklus II. Pada aspek sikap sikap kerjasama siklus I maupun siklus II sudah sangat baik. Ketuntasan belajar aspek pengetahuan siswa pada tahap pratindakan 32% dengan predikat kurang. Pada siklus I meningkat menjadi 76% dengan predikat baik. Sedangkan pada siklus II mencapai 100% dengan predikat sangat baik. Ketuntasan belajar aspek keterampilan pada siklus I mencapai 76% dengan predikat baik. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84% dengan predikat baik. Kesimpulan penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar. Untuk itu diharapkan guru dan peneliti lanjutan dapat menerapkan model Think Pair Share dalam pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat mengalami peningkatan secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6555

Actions (login required)

View Item View Item