Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas III SDN Ampeldento 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Lia Rizqi Amalia

Amalia, Lia Rizqi (2017) Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas III SDN Ampeldento 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Lia Rizqi Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia, Lia Rizqi. 2017. Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA di Kelas III SDN Ampeldento 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sukamti, M.Pd, (II) Drs. Dimyati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, IPA, Quantum Teaching. Rendahnya keberhasilan pada pembelajaran IPA di kelas III SDN Ampeldento 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang disebabkan oleh respon siswa terhadap apa yang disampaikan guru sangat rendah, siswa masih belum paham tentang materi secara mendalam, siswa mudah kehilangan konsentrasi dalam belajar, serta guru cenderung menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas III sekolah dasar dan meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas III sekolah dasar. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan jenis metode penelitian deskripstif. Jenis penelitin deskriptif yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini difokuskan di pada mata pelajaran IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan urutan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan mengumpulkan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan ketelitian atau kecermatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk hasil keberhasilan guru dalam menerapkan model Quantum Teaching, peningkatan aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sampai dengan siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan. Dan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA di kelas III SDN Ampeldento 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh. Quantum Teaching merupakan suatu pembelajaran yang menuntut guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur yang ada pada diri siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas. Maka siswa akan belajar dengan mengalami langsung dan pembelajaran akan lebih menyenangkan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran menjadi berpusat pada siswa sehingga siswa sendiri yang menemukan konsep-konsep IPA dan guru lebih bertindak sebagai fasilitator. Aktivitas-aktivitas tersebut meliputi: (a) respon siswa, (b) percobaan; (c) pengkonsepan pengetahuan; (d) demonstrasi, (e) merangkum, dan (f) merayakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6553

Actions (login required)

View Item View Item