Peningkatan hasil belajar matematika materi Pembulatan melalui model Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Rembang 02 Blitar / Maharani Ika Puji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi Pembulatan melalui model Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Rembang 02 Blitar / Maharani Ika Puji Astuti

Astuti, Maharani Ika Puji (2017) Peningkatan hasil belajar matematika materi Pembulatan melalui model Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Rembang 02 Blitar / Maharani Ika Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Maharani Ika Puji. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pembulatan melalui Model Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SDN Rembang 02 Blitar Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Zainuddin M.Pd. (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata kunci peningkatan hasil belajar matematika model numbered head together Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas IV SDN Rembang 02 Blitar menujukkan permasalahan antara lain (1) tingkat keaktifan dan kerja sama siswa masih rendah (2) Model pembelajaran yang diterapkan guru monoton dan membuat siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran dan (3) guru belum menggunakan media dalam mengajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa masih di bawah KKM yaitu 50 dan hanya 29% siswa yang tuntas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together dan meningkatkan hasil belajar matematika materi pembulatan pada siswa kelas IV SDN Rembang 02 Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi tes dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 99% dengan kriteria sangat baik meningkat menjadi 100% pada siklus II. Persentase aktivitas siswa juga meningkat pada siklus I sebesar 98% meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada materi pembulatan juga meningkat pada tahap pratindakan hnya mencapai 50 dengan ketuntasan belajar klasikal 29% dengna kriteria sangat kurang menjadi 60 dengan ketuntasan belajar klasikal 48%. Peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan nilai rata-rata 97 dengan ketuntasan belajar klasikal 100% dengan kriteria sangat baik. Penerapan pembelajaran dengan model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan guru dapat menerapkan pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together dalam pembelajaran matematika khususnya materi pembulatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6552

Actions (login required)

View Item View Item