Peningkatan hasil belajar PKn materi organisasi di sekolah dan masyarakat melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Wonorejo 1 Kabupaten Blitar / Fatma Eka Putri

Putri, Fatma Eka (2017) Peningkatan hasil belajar PKn materi organisasi di sekolah dan masyarakat melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Wonorejo 1 Kabupaten Blitar / Fatma Eka Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Eka Fatma. 2017, Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Organisasi di Sekolah dan Masyarakat Melalui Model Mind Mapping Kelas V SDN Wonorejo 1 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Widayati, M.H, (2) Dra. Sri Murdiyah, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, PKn, mind mapping Berdasarkan hasil observasi tahap pratindakan pada pembelajaran PKn di kelas V SDN Wonorejo 1 Kabupaten Blitar pada materi organisasi di sekolah dan masyarakat terdapat permasalahan yang muncul yaitu guru dalam mengajar masih menggunakan model konvensional. Guru dalam pembelajaran kurang bisa memanfaatkan media dan model pembelajaran yang bervariasi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa guna mengembangkan pemahaman terhadap materi yang diberikan kepada siswa. Sehingga siswa kurang aktif dan memberikan dampak pada hasil belajar siswa yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Wonorejo 1 Kabupaten Blitar; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Wonorejo 1 Kabupaten Blitar melalui model Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 2 pertemuan dan selesai pada siklus II. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN Wonorejo 1 Kabupaten Blitar yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil aktivitas guru dengan menerapkan model Mind Mapping pada siklus I aktivitas guru mencapai 85% dan pada siklus II aktivitas guru mencapai 98%. Sedangkan hasil aktivitas siswa mencapai 66% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 93%. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mapping pada tahap pratindakan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 34%, kemudian pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 56%, dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Mind Mapping dapat diterapkan guru untuk memperbaiki pembelajaran PKn agar menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6549

Actions (login required)

View Item View Item