Pelaksanaan literasi di kelas III SDN Kedungkandang 1 Kota Malang / Waskito Ardi

Ardi, Waskito (2017) Pelaksanaan literasi di kelas III SDN Kedungkandang 1 Kota Malang / Waskito Ardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardi, Waskito. 2017. Pelaksanaan Literasi di Kelas III SDN Kedungkandang I Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd., M.Si, (II) Dra. Harti Kartini, M.Pd Kata Kunci: pelaksanaan, literasi, kelas III, SD Berdasarkan penelitian PIRLS dan PISA menunjukkan keterampilan membaca siswa Indonesia tergolong rendah. Oleh sebab itu, pemerintah memprogramkan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 yaitu menggunakan 15 menit sebelum pembelajaran untuk membaca buku non pelajaran (setiap hari). Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini difokuskan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan literasi di kelas III SDN Kedungkandang I Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data menghasilkan simpulan yaitu perencanaan literasi di kelas III SDN Kedungkandang I Kota Malang belum mengikuti buku panduan dan buku petunjuk teknis pelaksanaan literasi sekolah di sekolah dasar. Pelaksanaan literasi di kelas III SDN Kedungkandang I Kota Malang belum sesuai dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015, tahapan literasi masih pada tahap pembiasaan dengan membaca dalam hati, dari keseluruhan tahapan membaca dalam hati yang masih belum terlaksana yaitu pada tahap setelah membaca. Sarana literasi seperti perpustakaan, sudut baca, dan area baca sudah dioptimalkan dalam pelaksanaan literasi dan semua pihak berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan literasi mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, petugas perpustakaan dan komite sekolah. Demi peningkatan dan kesempurnaan gerakan literasi di kelas III SDN Kedungkandang I Kota Malang disarankan, kepala sekolah perlu segera mencari buku panduan dan buku petunjuk teknis pelaksanaan gerakan literasi, guru perlu memahami pentingnya gerakan literasi, petugas perpustakaan perlu mengajukan penggandaan literatur bacaan non pelajaran, dan sekolah bersama komite perlu mengintensifkan sosialisasi kegiatan literasi sekolah kepada orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6548

Actions (login required)

View Item View Item