Penerapan model CIREC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang / Laily Nur Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model CIREC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang / Laily Nur Ramadhani

Ramadhani, Laily Nur (2017) Penerapan model CIREC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang / Laily Nur Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Laily Nur. 2017. Penerapan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd Kata Kunci Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Keterampilan Menulis Ringkasan. Berdasarkan hasil observasi pratindakan siswa kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Malang mengalami kesulitan dalam menulis ringkasan disebabkan rendahnya kemampuan memahami bacaan metode pembelajaran belum memfasilitasi siswa mendapatkan keterampilan meringkas dan siswa kurang memperhatikan kaidah penulisan sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan di atas. Model yang diyakini dapat mengatasi masalah tersebut ialah model CIRC. CIRC merupakan program khusus mata pelajaran kebahasaan yang memungkinkan siswa mendapatkan pembelajaran membaca dan menulis yang variatif dan bermakna melalui kolaborasi anggota kelompok. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC dalam pembelajaran menulis ringkasan dan untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang dengan jumlah siswa sebanyak 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian pada tahap pratindakan menunjukkan keterampilan menulis ringkasan siswa memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 52 41 dan tidak ada satupun siswa memperoleh nilai 8805 KKM (75). Hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh siswa kelas 3 SDN Cemorokandang 4 belum mampu menulis ringkasan dengan baik dan benar. Setelah menerapkan model CIRC peningkatan mulai terlihat. Berdasarkan hasil menulis ringkasan siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 60 dengan ketuntasan klasikal sebesar 22 22% dari 75% minimal yang diharapkan. Peningkatan terlihat pula pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II. Perolehan nilai rata-rata kelas dalam menulis ringkasan sebesar 78 52 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88 88%. Jumlah siswa yang tuntas dari hasil menulis ringkasan pada pelaksanaan siklus I sebanyak 6 siswa sedangkan pada siklus II bertambah menjadi 24 siswa. Dari data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas 3 SDN Cemorokandang 4 Malang. Untuk itu penulis menyarankan kepada berbagai pihak agar menerapkan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan lainnya. Penulis juga berharap model pembelajaran ini dapat dikembangkan baik oleh guru maupun oleh peneliti lain supaya dapat memperkaya referensi terkait penerapan model pembelajaran CIRC. ABSTRACT Ramadhani Laily Nur. 2017. The Implementation of CIRC Model (Cooperative Integrated Reading and Composition) to Improve Summary Writing Skills of The Third Graderat SDN Cemorokandang 4 Malang. Bachelor Thesis Primary Education Department Elementary and Pre-School Education Faculty of Education State University of Malang. Advisors (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd Keywords CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Writing Skills Summarizing Based on the result of pre-research observation 3rd graders of State Elementary School Cemorokandang 4 Malang have difficulty in writing summary due to the low ability of reading comprehension the learning method has not facilitated the students get summarizing skills and the students pay less attention to the writing rules so that the learning model is needed to solve the above problems. The model that is believed to solve the problem is the CIRC model. CIRC is a special program of linguistic subjects that enables students to acquire varied and meaningful reading and writing through group collaboration. The purpose of this research is to describe the application of CIRC model in learning to write a summary and to describe the application of CIRC model in improving writing skill summary. Type of research used is Classroom Action Research. Data collection techniques used include observation techniques tests and documentation. This research was conducted in class 3 State Elementary School 4 Malang. Research subjects in this study are students of grade 3 State Elementary School 4 Malang with the number of students as many as 14 male students and 16 female students. The results of the pre-research study showed that the students writing skill obtained a grade point average of 52.41 and none of the students got the value of KKM (75). It shows that all 3rd-grade students of SDN Cemorokandang 4 have not been able to write a summary properly and correctly. After applying the CIRC model the improvement starts to look. Based on the result of writing student summary on cycle I obtained grade average value of 60 with classical completeness equal to 22 22% from 75% minimal expected. The improvement is also seen in the implementation of learning in cycle II. The acquisition of the average grade in writing a summary of 78.52 with the percentage of classical completeness of 88.88%. The total number of students who completed the results of writing a summary on the implementation of the cycle I as much as 6 students while in cycle II increased to 24 students. From these data it can be concluded that the application of CIRC model can improve the writing skill of grade 3 student of State Elementary School Cemorokandang 4 Malang. To the authors suggest to various parties to apply CIRC learning model in improving students writing skills or can be tailored to other needs. The author also hopes this learning model can be developed either by teachers or by other researchers in order to enrich references related to the application of CIRC learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6547

Actions (login required)

View Item View Item