Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 8 subtema 3 "Memelihara ekosistem" di kelas V SDN Bareng 2 Kota Malang berdasarkan kurikulum 2013 / Sherly Natalia Cristian - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 8 subtema 3 "Memelihara ekosistem" di kelas V SDN Bareng 2 Kota Malang berdasarkan kurikulum 2013 / Sherly Natalia Cristian

Cristian, Sherly Natalia (2017) Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 8 subtema 3 "Memelihara ekosistem" di kelas V SDN Bareng 2 Kota Malang berdasarkan kurikulum 2013 / Sherly Natalia Cristian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cristian Sherly Natalia. 2017. ImplementasiPendekatanSaintifikpadaPembelajaranTema 8Subtema 3 MemeliharaEkosistem di Kelas V SDN Bareng 2 MalangberdasarkanKurikukulum 2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dra. Sri EstuWinahyu M.Pd (II) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd Kata Kunci Pendekatansaintifik SD Perencanaan Implementasi Penilaian PembelajarandalamKurikulum 2013 ditekankanmenggunakanpendekatansaintifikyang dalamimplementasinyadiperlukanmelakukanketerampilan-keterampilanilmiah yaitumengamati menanya mengumpulkaninformasi menalar danmengkomunikasikan. Hasilobservasiawalmenyatakanbahwakegiatanmenanyadanpenilaianmerupakankegiatan yang sulitdilakukan di lapanganmeskipunsudahtertulisdalamperencanaanpembelajaran. PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmendeskripsikanpendekatansaintifikpembelajaranTema 8 Subtema 3 dalamhal (1) perencanaan (2) pelaksanaandan (3) penilaian. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdengan data penelitianberupapaparan data secaranaratif. Pengumpulan data penelitianmenggunakanteknikwawancara observasi dandokumentasidengannarasumber guru kelas VC.Data dianalisisdengantahappereduksian data penyajian data danpenarikankesimpulan. Pengecekankeabsahantemuandilakukandengantekundalampengamatan triangulasiteknik danmengadakanmember check. Hasil daripenelitianinipadatahapperencanaan kegiatan 5M sudahdimunculkan di setiappembelajaran. Padatahappelaksanaan kegiatan yang paling banyakdimunculkanyaitukegiatanmengamati mencobadanmenalar. Padatahappenilaian kegiatanmencoba paling seringdirencanakanmunculdalamaspeksikap pengetahuandanketerampilan. Sedangkandalampelaksanaanpenilaian padapembelajaran lima tidakadapengambilanpenilaian dariberbagaiaspek. Berdasarkanhasil analisis data tersebut dapatdisimpulkanbahwa di dalam perencanaan pendekatan saintifik sudah disusun melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang meliputi kegiatan 5M. Berikutnya dalampenerapannya guru masih mengalami permasalahan dan di dalam penilaiannya sudah direncanakan menyentuh 5M namun dalam pelaksanaanpengambilannilai masih tidak sesuai. Disarankanbagi (1) guru yang bersangkutan hendaknyadalammerencanakanpendekatansaintifiklebihfokusmemunculkan 5M (2) guru lain hendaknyadalammenerapkanpendekatansaintifiksecara optimal (3) penelitilain dapatmerancangdanmelaksanakanpenelitian yang lebihbaikdalamhalpenilaianpendekatansaintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item