Peningkatan keterampilan menemukan kalimat utama dalam paragraf melalui model cooperative integrated, raeding, and composition pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Fajar Riza Anindyka - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menemukan kalimat utama dalam paragraf melalui model cooperative integrated, raeding, and composition pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Fajar Riza Anindyka

Anindyka, Fajar Riza (2017) Peningkatan keterampilan menemukan kalimat utama dalam paragraf melalui model cooperative integrated, raeding, and composition pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Fajar Riza Anindyka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anindyka Fajar Riza. 2017. Peningkatan Keterampilan Menemukan Kalimat Utama dalam Paragraf melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Dra. Lilik Bintartik M.Pd Kata Kunci model circ keterampilan kalimat utama Hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan antara lain (1) guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab pada pembelajaran Bahasa Indoneisa (2) guru menjadi pusat dalam proses pembelajaran sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat kurang (3) siswa masih enggan untuk mengungkapkan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model CIRC untuk meningkatkan keterampilan menemukan kalimat utama pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar dan peningkatkan keterampilan menemukan kalimat utama pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing teridiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa aktivitas guru dan keterampilan menemukan kalimat utama mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 persentase aktivitas guru sebesar 85% (baik) dan pertemuan 2 sebesar 92% (sangat baik). Pada siklu II pertemuan 1 dan 2 aktivitas guru mencapai 100% (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 72% (cukup) dan pertemuan 2 sebesar 82% (baik). Pada silklus II pertemuan 1 sebesar 87% (baik) dan pertemuan 2 sebesar 92% (sangat baik). Persentase KBK siswa dalam menemukan kalimat utama pada siklus I pertemuan 1 sebesar 47% (sangat kurang) dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 74%.(cukup) Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 84% (baik) dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 89% (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menemukan kalimat utama dengan model CIRC telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa sehingga berdampak pada meningkatnya keterampilan menemukan kalimat utama dengan baik pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. Dengan demikian diharapkan guru menerapkan model CIRC untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6545

Actions (login required)

View Item View Item