Pemanfaatan media pembelajaran big boog flanel untuk meningkatkan kemampuan bercerita di TK Rampal Celaket 2 Malang / Desy Frolita Anggrarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran big boog flanel untuk meningkatkan kemampuan bercerita di TK Rampal Celaket 2 Malang / Desy Frolita Anggrarani

Anggrarani, Desy Frolita (2017) Pemanfaatan media pembelajaran big boog flanel untuk meningkatkan kemampuan bercerita di TK Rampal Celaket 2 Malang / Desy Frolita Anggrarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggrarani Desy Frolita. 2017. Pemanfaatan Media Pembelajaran Big Book Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Di TK Rampal Celaket 2 Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S. Pd M. Pd. (II) Retno Tri Wulandari S. Pd M. Pd Kata Kunci Media Big Book Flanel kemampuan bercerita Penelitian ini berlatar belakang kurangnya kemampuan bercerita anak. Hal ini disebabkan tidak adanya media dalam meningkatkan kemampuan bercerita. Metode pengajaran menggunakan buku cerita sehingga kurang menarik. Berdasarkan hasil observasi ditemukan fakta bahwa anak belum mampu mengungkapkan sesuatu melalui gambar isi cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media big book flanel terhadap kemampuan bercerita anak dan meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B di TK Rampal Celaket 2 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif yang terdiri atas 2 siklus 4 tahapan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pedoman wawancara dan catatan lapangan foto proses pembelajaran. Subjek penelitian ini sebanyak 13 anak diantaranya 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui pencapaian perkembangan kemampuan bercerita anak sebelum dan sesudah dilakukan penelitian dengan menggunakan media big book flanel kepada anak. Pemanfaatan media big book flanel di TK Rampal Celaket 2 Malang sangat membantu meningkatkan kemampuan bercerita anak. Anak lebih mudah mengungkapkan kalimat sederhana dengan menggunakan media big book flanel. Kemampuan bercerita dari pemanfaatan media big book flanel yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu capaian perkembangan kelas pada siklus I mencapai 46% dan capaian perkembangan kelas pada siklus II mencapai 84%. Berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media big book flanel dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B di TK Rampal Celaket 2 Malang. Oleh karena itu pemanfaatan media big book flanel dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak sangat disarankan karena sangat menarik bagi anak dan antusias anak saat melakukan kegiatan bercerita. ABSTRACT Anggrarani Desy Frolita. 2017.Learning Big Book Flanel Media Usage to Increase Story Telling Ability in TK Rampal Celaket 2 Malang. Thesis S1-PGPAUD department Elementary School and Preschool Education Course The Science and Education Faculty Malang State University. Advisers (I) Drs. Tomas Iriyanto S. Pd M. Pd. (II) Retno Tri Wulandari S. Pd M. Pd Key Words Big Book Flanel Media Story Telling Ability The background of this research is the less of story telling ability by the children. It is cause there is no media to increase story telling ability. The learning methode using story books it is not too attractive. Based on the observation found the fact that the children can not show something from the picture in a story yet. The aim of this research is to know the learning big book flanel media usage in story telling ability and increase story telling ability of the children group B in TK Rampal Celaket 2 Malang. This research using Class Action Research (CAR) methode using collaborative research model. The research subject are 21 children. This research consist of 2 cycle each cycle have 4 stage that are (1) planning (2) implementation. (3) monitoring (4) reflection. The instruments are observation sheet interview guidelines and work records photo s documentation. The research subject are 13 children 7 of the female student and 5 of the male student. Data analysis technique that use in this research is descriptive qualitative and quantitative technique use to know the achieve of the development of story telling ability by the children before and after conduct the research using big book flanel media to the children. The use of big book flanel media in TK Rampal Celaket 2 Malang is helpful to increase story telling ability by the children. They are easily to show the simple sentences using big book flanel media. Story telling ability using big book flanel media that get in this research are the development of the class on cycle 1 reach 46% and the development of the class on cycle 2 having an increase become 84%. Based on research finding the conclusion is learning big book flanel media usage can increase story telling ability of the children group B in TK Rampal Celaket 2 Malang.Therefore learning big book flanel media usage can increase story telling ability of the children is recommended because very interested for the children and the enthusiastic of the children when they do the telling story activity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item View Item