Peningkatan hasil belajar IPS tentang uang melalui model circuit learning pada siswa kelas III SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar / Nida Imania - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS tentang uang melalui model circuit learning pada siswa kelas III SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar / Nida Imania

Imania, Nida (2017) Peningkatan hasil belajar IPS tentang uang melalui model circuit learning pada siswa kelas III SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar / Nida Imania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imania Nida. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Uang Melalui Model Circuit Learning Pada Siswa Kelas III SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suwarti S.Pd. M.Pd. (II) Suminah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan ips model circuit learning Hasil observasi awal yang dilakukan pada mata pelajaran IPS siswa kelas III di SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) guru tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (2) guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah tanya jawab dan penugasan sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru dan menjadikan siswa pasif (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran (4) sumber belajar hanya berasal dari buku paket IPS sehingga pengetahuan siswa terbatas hanya pada buku tersebut (5) saat guru memberikan tugas pada siswa untuk membaca maupun saat guru menjelaskan materi tentang uang banyak siswa yang tidak fokus dan ramai (6) kurang adanya penguatan terhadap materi. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebanyak 17 dari 28 siswa belum tuntas belajar atau mendapatkan nilai di bawah KKM. Sehingga perlu adanya penelitian dengan menerapkan model Circuit Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi uang pada siswa kelas III SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian dengan menerapkan model Circuit Learning dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru meningkat 15 5% dari 82 5% pada siklus I menjadi 98% pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat 18% dari 69% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 39% atau 11 siswa dikatakan tuntas dan memperoleh nilai 8805 70. Pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 61% atau 17 siswa dikatakan tuntas. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 100% atau 28 siswa dikatakan tuntas. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa model circuit learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang pada siswa kelas III SDN Darungan 01 Kabupaten Blitar dan disarankan pada guru untuk menerapkan model pembelajaran Circuit Learning agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meingkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6542

Actions (login required)

View Item View Item