Purnama, Sidiq Putra (2017) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar / Sidiq Putra Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purnama Sidiq Putra. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas V SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 8722 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd (II) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan keterampilan menulis puisi model contextual teaching and learning. Hasil observasi di SDN Sumberdiren 01 kabupaten Blitar pada hari Sabtu tanggal 04 Februari 2017 menunjukkan (1) penyampaian materi puisi dilakukan oleh guru dengan metode ceramah dan media papan tulis (2) aktivitas siswa rendah dalam menulis puisi (3) siswa tidak memiliki motivasi dalam mempelajari materi menulis puisi (4) nilai rata-rata klasikal siswa dalam pembelajaran menulis puisi adalah 58 berada di dibawah KKM ( 8805 74) (5) dari 13 siswa hanya 5 (38%) siswa tuntas belajar dan 8 (62%) belum tuntas belajar. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran CTL pada siswa kelas V SDN Sumberdiren 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksananakan dalam dua siklus setiap tahap terdiri dari (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi wawancara catatan lapangan. Data pada penelitian ini dianalisa menggunakan metode reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model CTL dilaksanakan pada pembelajaran menulis puisi di kelas V meningkatkan aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 93% (kriteria sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (kriteria sangat baik) aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72 5% (kriteria baik) meningkat pada siklus II menjadi 87 5% (kriteria sangat baik). Terjadi peningkatan pada keterampilan menulis puisi siswa nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 58 dengan kentuntasan klasikal 38% (kriteria sangat kurang) meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata klasikal 68 5 dan ketuntasan klasikal 69 5% (kriteria kurang) serta pada siklus II nilai rata-rata klasikal mencapai 76 75 dengan ketuntasan klasikal 88 5% (kriteria baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model CTL telah dilaksanakan oleh guru dengan sangat baik yang memiliki dampak pada meningkatnya aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran serta meningkatnya keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar. Disarankan kedepannya guru kelas dapat menerapkan model pembelajaran CTL untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |