Analisis evaluasi hasil belajar muatan nilai karakter pada buku siswa kelas IV SD tema indahnya kebersamaan / Fanny Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis evaluasi hasil belajar muatan nilai karakter pada buku siswa kelas IV SD tema indahnya kebersamaan / Fanny Permatasari

Permatasari, Fanny (2017) Analisis evaluasi hasil belajar muatan nilai karakter pada buku siswa kelas IV SD tema indahnya kebersamaan / Fanny Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Fanny. 2017. Analisis Evaluasi Hasil Belajar Muatan Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV SD Tema Indahnya Kebersamaan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Evaluasi Hasil Belajar Nilai Karakter Buku Siswa Kelas IV SD Berdasarkan temuan awal yang dilakukan ditemukan fakta bahwa penyebaran muatan nilai-nilai karakter dalam bagian evaluasi yang terdapat di buku siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan edisi revisi 2016 tidak merata. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian evaluasi kognitif bagian evaluasi psikomotor bagian evaluasi afektif buku siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kajian isi. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap membaca atau mempelajari data dengan cara menandai kata-kata kunci dan gagasan yang ada dalam data tahap mempelajari kata-kata kunci untuk menemukan tema-tema yang berasal dari data tahap menuliskan model yang ditemukan dan tahap membuat koding terhadap data yang telah dilakukan analisis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menghasilkan temuan bahwa buku siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan telah bermuatan nilai-nilai karakter. Dari 18 nilai karakter yang terkontrakkan dalam kurikulum 2013 buku siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan telah memuat 14 nilai karakter yaitu religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi bersahabat/komunikatif dan cinta damai. Dari 86 temuan nilai karakter yang termuat dalam bagian evaluasi kognitif sebanyak 53 temuan dalam bagian evaluasi psikomotor sebanyak 17 temuan dan dalam bagian evaluasi afektif sebanyak 12 temuan. Selain itu terdapat beberapa nilai karakter baru yang muncul dalam bagian buku (unsur evaluasi kognitif psikomotor dan afektif) yaitu nilai karakter teliti sebanyak 3 temuan dan nilai karakter percaya diri sebanyak 1 temuan. ABSTRACT Permatasari Fanny. 2017. The Analysis of Learning Result Evaluation of Character Values in Student Book for 4th Grade Elementary School in Theme of The Wonderful Togetherness. Mini Thesis Elementary School Teacher Education Program Department of Primary School and Preschool Faculty of Education State University of Malang. Advisor (I) Muchtar S.Pd. M.Si (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Keywords Evaluation of Learning Result Character Values 4th Grade Student Book of Elementary School Based on preliminary findings it was found that the content distribution of character values in the evaluation section contained in the fourth grade book of the theme of Wonderful Togetherness revised edition 2016 unevenly. Therefore this research aims to describe the character values contained in the cognitive evaluation section the psychomotor evaluation section the affective evaluation section of the fourth grade student s book on the theme of Beautiful Togetherness. This research uses qualitative approach with descriptive qualitative research type. Data collection was done using content review technique. In this research researchers as the main instrument. Data analysis starts from the reading or studying of the data by marking the key words and ideas in the student book the phase of learning the key words to find the themes that come from the data the stage of writing the found model and the stage of making coding To the data that has been done analysis. Based on the results of data analysis it is found that the fourth grade students book on the theme of Wonderful Togetherness has character values. Of the 18-characters that contracted in the 2013 curriculum the fourth grade student s book on the theme of Wonderful Togetherness has contained 14 character values that is religious honest tolerance discipline hard work creative independent democratic curiosity nationalism appreciate achievement friendship /communicative and love peace. Of the 86 findings the character values contained in the cognitive evaluation section of 53 findings in the psychomotor evaluation section of 17 findings and in the affective evaluation section of 12 findings. In addition there are several new character values that appear in the book section (cognitive psychomotor and affective evaluation element) which is a meticulous character of 3 findings and the value of confident characters as much as 1 findings.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View Item View Item