Pengembangan video pembelajaran berbasis virtual reality (video 360 detik) mata pelajaran geografi "Pola dan bentuk Objek Geografi Sesuai Bentang Alam Fisik" kelas 9 SMP Darul Ulum Agung Malang / Olga Tegar Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran berbasis virtual reality (video 360 detik) mata pelajaran geografi "Pola dan bentuk Objek Geografi Sesuai Bentang Alam Fisik" kelas 9 SMP Darul Ulum Agung Malang / Olga Tegar Purnama

Purnama, Olga Tegar (2016) Pengembangan video pembelajaran berbasis virtual reality (video 360 detik) mata pelajaran geografi "Pola dan bentuk Objek Geografi Sesuai Bentang Alam Fisik" kelas 9 SMP Darul Ulum Agung Malang / Olga Tegar Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnama Olga Tegar. 2016. Pengembangan Video PembelajaranBerbasisVirtual Reality (Video 360 Degree) Mata PelajaranGeografi Pola Dan BentukObjekGeografiSesuaiBentangAlamFisik Kelas 9 SMP DarulUlumAgung Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. ZainulAbidin M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd M.MedKom. Kata Kunci video virtual reality video 360 derajat Pola Dan BentukObjekGeografiSesuaiBentangAlamFisik DalampembelajaranGeografi salah satu materi tentangPola Dan BentukObjekGeografiSesuaiBentangAlamFisikkelas 9 di SMP DarulUlumAgung Malang diterapkanmenggunakan modul yang dirasaadabeberapakelamahanyaituberisikanmateridalambentuktulisan yang minim gambardanketerangan.Diperlukan media pembelajaran gunamelengkapi kelemahanmodul.Salah satu upayadengan menggunakan perangkat gadget(smartphone netbook laptop PC)mengkombinasikannyadengan teknologi virtual reality (VR) berupa video 360 derajat. Berkaitan dengan itu video denganberisikan bahasanmateri yang terkaitdalamPola Dan BentukObjekGeografiSesuaiBentangAlamFisik. Tujuan dari pengembangan untuk menghasilkan media pembelajaranberupa video berteknologi virtual reality yang valid dan efektif untuk kegiatan pembelajaran pada Geografi Pola Dan BentukObjekGeografiSesuaiBentangAlamFisik Kelas 9 SMP DarulUlumAgung Malang. Pengembanganvideo berbasisvirtual reality (video 360 derajat) ini dilakukan mengikuti model rancangan pengembangan menurut Sadiman. Adapun langkah langkah yang dilakukan seperti yang tertera pada flow chartt sebagai berikut 1) analisis kebutuhan 2) perumusan tujuan 3) pengembangan materi 4) pengembangan alat evaluasi 5) penyusunan naskah dan story board 6) produksi 7) validasi 8) revisi 9) media siap pakai. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa siswa kelas 9 SMP atau yang mengikuti mata pelajarangeografi. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan videoberbasisvirtual reality(video 360 derajat) ini memenuhi kriteria valid yakni ali media 90 75% ahli materi 91% uji coba lapangan awal 85% uji coba lapangan utama 85%. Sedangkan pada tes hasil belajar menunjukkan bahwa media ini efektif digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan 31dari 36 siswa atau 88 05% yang telah mencapai KKM. Saran yang diajukan bagisiswa sebaiknyadalammenggunakan media video pembelajarantentangpoladanbentukobjekgeografissesuaibentangalamfisiksebaiknyamempelajaripetunjukpemanfaatan. Bagiguru mata pelajarangeografiPola Dan BentukObjekGeografiSesuaiBentangAlamFisikadalah pada pembelajaran selanjutnya dapat menggunakan media ini sehingga siswa memperoleh sumber belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item