Peningkatan hasil belajar IPS tentang koperasi melalui model course review horay pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Eonike Dyah Kriswanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS tentang koperasi melalui model course review horay pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Eonike Dyah Kriswanti

Kriswanti, Eonike Dyah (2017) Peningkatan hasil belajar IPS tentang koperasi melalui model course review horay pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Eonike Dyah Kriswanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kriswanti Eonike Dyah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Koperasi Melalui Model Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Murdiyah M.Pd (2) Suwarti S.Pd M.Pd Kata Kunci hasil belajar IPS course review horay Berdasarkan hasil observasi pada tahap pratindakan dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN Wonorejo 02 dengan materi koperasi permasalahan yang muncul yaitu guru masih menggunakan metode konvensional di mana pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif saat mengikuti proses pembelajaran di kelas guru tidak menggunakan media sehingga proses pembelajaran yang dilakukan kurang menarik siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran hasil belajar siswa masih rendah dari 19 siswa yang ada 13 siswa mendapat nilai di bawah KKM (kurang dari 70). Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Course Review Horay mata pelajaran IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS tentang koperasi pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar melalui model Course Review Horay Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil aktivitas guru dengan menggunakan model Course Review Horay yaitu pada siklus I mencapai 84% dan pada siklus II aktivitas guru mencapai 97%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 80% dan pada siklus II aktivitas siswa mencapai 97%. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay pada tahap pratindakan persentase ketuntasan belajar sebesar 32% pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 37% pertemuan II sebesar 53% kemudian pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan sebesar 89% dan pertemuan II sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran Course Review Horay pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. Disarankan bagi guru yang ingin meningkatkan hasil belajar IPS hendaknya menerapkan model pembelajaran Course Review Horay karena dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item