Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi pecahan melalui model make a match di kelas V SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar / Septi Liana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi pecahan melalui model make a match di kelas V SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar / Septi Liana Sari

Sari, Septi Liana (2017) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi pecahan melalui model make a match di kelas V SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar / Septi Liana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Septi Liana. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan melalui Model Make a Match di Kelas V SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Zainuddin M. Pd. (II) Dra. Lilik Bintartik M. Pd. Kata Kunci Matematika SD Pecahan Hasil Belajar Model Make a Match Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar kelas V dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar siswa mengalami kesulitan memahami materi pecahan dan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah dan pemberian tugas. Sehingga masih banyak yang mendapat nilai dibawah KKM (70). Dari 20 siswa hanya 6 siswa (30%) yang memenuhi KKM sedangkan 14 siswa (70%) belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model make a match dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru meningkat dari siklus I diperoleh 78% (kurang baik) menjadi 82% (baik) dan siklus II menjadi 88% (baik) dan 98% (sangat baik). Persentase aktivitas siswa juga meningkat dari siklus I diperoleh 76% (kurang baik) menjadi 80% (baik). Siklus II diperoleh 83% (baik) menjadi 90% (sangat baik). Hasil Belajar pada ranah kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan kelas 40% (sangat kurang baik) menjadi nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan kelas 63% (kurang baik). Pada siklus II nilai rata-rata 77 dengan ketuntasan kelas 75% (cukup baik) menjadi nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan kelas 90% (sangat baik). Pada ranah afektif aspek disiplin sikap siswa menjadi tertib dapat menemukan pasangan kartu tepat waktu dan mempresentasikan hasil sesuai urutan. Sedangkan aspek tanggung jawab siswa mau menerima sanksi jika tidak menemukan pasangan kartu mau mempresentasikan hasil dan menyelesaikan tes evaluasi. Ranah psikomotor aspek penyampaian hasil dan kemampuan berhitung siswa dapat memenuhi semua indikator yang diamati. Kesimpulannya bahwa penerapan model make a match pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas V SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar yang dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan kelas yang sangat baik pula. Disarankan guru dapat menerapkan model make a match pada pembelajaran lain sebagai salah satu alternatif untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item