Astriliani, Devi (2017) Analisis buku tematik siswa kelas IV semester 1 tema 3 "peduli terhadap makhluk hidup" edisi revisi tahun 2016 berbasis model pembelajaran terpadu / Devi Astriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Astriliani Devi. 2017. Analisis Buku Tematik Siswa Kelas IV Semester 1 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Edisi Revisi Tahun 2016 Berdasarkan Model Pembelajaran Terpadu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd. (2) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. Kata kunci buku tematik kurikulum 2013 model pembelajaran terpadu Model pembelajaran tematik yang digunakan dalam kurikulum 2013 disesuaikan dengan tujuan kurikulum 2013 yang proses pembelajaran bersifat tematik terpadu. Model pembelajaran terpadu yang dikembangkan oleh Fogarty (1991) dan diterapkan di Indonesia untuk pendidikan dasar yaitu model keterhubungan (connected) model jaring laba-laba(webbed) dan model keterpaduan(integrated). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi-kan keterpaduan antar muatan materi buku tematik terpadu siswa kelas IVyang berupa keterhubungan antar indikator setiap muatan materi kesesuaian indikator dengan subtema dan ketumpang tindihan konsep dari beberapa muatan materi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi karena sumber data yang digunakan yaitu berupa dokumen buku tematik terpadu siswa kelas IV semester 1 tema peduli terhadap makhluk hidup edisi revisi tahun 2016 keluaran Kemdikbud. Adapun proses analisis data dilakukan melalui 3 tahap antara lain dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini ditemukan persentase keterhubungan antar indikator pada setiap muatan materi sebesar 100% dengan kriteria sangat baik persentase kesesuaian indikator dengan subtema sebesar 85 8% dengan kriteria baik dan persentase ketumpang tindihan konsep dari beberapa muatan materi sebesar 76 7% dengan kriteria baik. Berdasarkan perhitungan rata-rata persentase keterpaduan dari masing-masing model Fogarty tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat keterpaduan buku siswa memiliki persentase sebesar 87 5% dengan kriteriabaik.Dimana seluruh indikator pada setiap muatan materidalam satu sub tema sudah terhubung banyak indikator yang muncul pada setiap pembelajaran sudah sesuai dengan subtema dan terdapatbeberapa muatan materi pada setiap pembelajaran yang tidak tumpang tindih namun terkait. Kesimpulannya analisis keterpaduan antar muatan materi buku tematik terpadu siswa kelas IV semester 1 tema peduli terhadap makhluk hidup edisi revisi tahun 2016 keluaran Kemdikbud memiliki kriteria sangat baik dalam keterhubungan indikator antar muatan materi dan memiliki kriteria baik dalam kesesuaian indikator dengan subtema dan ketumpang tindihan konsep dari beberapa muatan materi. Dengan temuan ini disarankan untuk pengembang buku agar setiap indikator disesuaikan dengan subtema dan ketumpang tindihan seluruh muatan materi. Selain itu bagi guru dalam menerapkannya sebaiknya dapat mengembangkannya sehingga siswa dapat merasakan pembelajaran yang utuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |