Putri, Rista Nurizki (2017) Pengaruh media kartu pantun melalui pendekatan kontekstual terhadap keterampilan menulis pantun tema 8.1 Ekosistem semester II kelas V SDN Bareng 1 Malang / Rista Nurizki Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Rista Nurizki. 2017. Pengaruh Media Kartu Pantun Melalui Pendekatan Kontekstual Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Pada Tema 8.1 Ekosistem Semester II Kelas V SDN Bareng 1 Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Kartu Pantun Pendekatan Kontekstual Keterampilan Menulis Menulis merupakan keterampilan yang harus dikuasi disetiap jenjang pendidikan khususnya di sekolah dasar. Keterampilan menulis ada di dalam empat aspek kebahasaan yaitu mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Pada kompetensi dasar 3.4 yaitu tentang menulis pantun dengan tema tertentu. Bedasarkan observasi di kelas V SDN Bareng 1 Malang ditemukan siswa yang masih kesusahan dalam membuat pantun. Pantun merupakan budaya asli Indonesia yang harus dilestarikan. Meskipun budaya asli Indonesia namun pengetahuan tentang pantun masih dirasa kurang. Untuk itu peneliti ingin mengembangkan keterampilan menulis pantun salah satunya mengunakan media pembelajaran berupa kartu pantun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan keterampilan menulis pantun dan pengaruh penggunaan media kartu pantun melalui pendekatan kontekstual terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN Bareng 1 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan eksperimen kuasi atau eksperimen semu. Desain ini memiliki kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang biasa disebut nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini kelas V-A sebagai kelompok kontrol sedangkan kelas V-B sebagai kelompok eksperimen. Berdasarkan selisih rata-rata kelompok eksperimen sebesar 11 57 yang didapat dari nilai pre-test 70 25 dan nilai post-test 81 82. Sedangkan selisih rata-rata kelompok kontrol sebesar 4 68 yang didapat dari nilai pre-test 67 89 dan nilai post-test 72 57. Hasil hipotesis menujukkan tingkat signifikasi sebesar 0 017
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |