Andaniswari, Hilda Dwi (2017) Upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui model talking stick berbantuan media bergambar pada siswa kelas IV SDN Ampeldento 01 Malang / Hilda Dwi Andaniswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andaniswari Hilda Dwi. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Bergambar pada Siswa Kelas IV SDN Ampeldento 01 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A.Rahman S.Pd M.Pd (II) Dra. Ratna Trieka A S.Pd M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Talking Stick Media Bergambar Siswa kelas IV SD Keterampilan berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki semua orang sebagai bentuk ungkapan perasaan ide atau gagasan seseorang yang disampaikan secara lisan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sehingga siswa dapat mengemukakan ide gagasan atau pikirannya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan model PTK. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa SDN Ampeldento 01 Malang dengan jumlah 22 siswa. Penelitian dilakukan pada semester Genap tahun pelajaran 2016/2017 dan peneliti berkolaborasi dengan guru kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara lembar observasi aktivitas guru dan siswa instrument penilaian hasil keterampilan berbicara/tes dokumentasi catatan lapangan. Berdasarkan observasi dan refleksi yang dilakukan tanggal 24 Januari 2017 pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Ampeldento 01 Malang menunjukkan bahwa aspek keterampilan berbicara masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari 6 siswa 27 27% cukup 11 siswa 50% kurang dan 5 siswa 22 72% sangat kurang diperoleh nilai rata-rata 63 27. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa peneliti menggunakan model Talking Stick berbantuan media bergambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Talking Stick berbantuan media bergambar membuat siswa merasa senang dan menunjukkan respon yang positif untuk mengikuti pembelajaran. Sehingga diperoleh hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus I mencapai skor rata-rata sebesar 71 54 siklus II meningkat menjadi 82 31. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Talking Stick berbantuan media bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui kegiatan bermain peran dan mengomentari pada saat permainan tongkat berjalan. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model Talking Stick berbantuan media bergambar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6529 |
Actions (login required)
View Item |