Sri Minarti (2017) Analisis perilaku siswa berdasarkan tingkat pertimbangan moral (studi deskriptif) di SDN Cemorokandang 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Sri Minarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Minarti Sri. 2017. AnalisisPerilakuSiswaBerdasarkan Tingkat Pertimbangan Moral (StudiDeskriptif) di SDN Cemorokandang 4 KecamatanKedungkandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1 -Pendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutarno M.Pd Pembimbing (II) Drs. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci Analisis PerilakuSiswa Berdasarkan Tingkat Pertimbangan Moral Perilaku Moral secaragarisbesarmerupakansuatuaktivitas-aktivitasatauperbuatan yang berkaitandenganbaik-buruk.Tingkat Pertimbangan Moral yaitusuatujenjangkemampuandalammemberikanalasan-alasan mempertimbangankansuatu perbuatan.Terdapat 6 tingkatpertimbangan moral antaralain 1) orientasihukumanataukepatuhan 2) orientasi instrumental relatif 3) orientasiekspektasi interpersonal mutual 4) orientasimoralitassistemsosial 5) orientasikontraksosial 6) orientasiprinsipetis universal.Penelitianinidilaksanakandengantujuan (1) mendeskripsikanperilaku moral siswa (2) mendeskripsikantingkatpertimbangan moral yang mendasariperilakusiswa. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdeskriptif. Data penelitianiniberupadata tentangperilakusiswadantingkatpertimbanganmoralnya. Instrumen dalam pengumpulan datamenggunakanteknikobservasi wawancara dandokumentasi. Dalam penelitian ini ditemukan data tentang perilaku positif dan negatif siswa serta tingkat pertimbangan yang melatarbelakangi perilaku tersebut. Hasilpenelitian di kelas IVA SDN Cemorokandang 4 sebagaiberikut. Pertama Perilaku-perilaku moral siswakelas IVA yaituterdiridariperilaku moral positif antaralain salimtangan guru sebelummasukkelas bekerjasamamengerjakantugas bekerjasamamembersihkankelas membantu guru berbagimakanandenganteman mengucapkansalam berpakaianrapi. Sedangkanperilaku moral negatifsiswa antaralain datangterlambat memberikantatapanmatasinis menangis bertengkar menggangguteman menepuk-nepukmeja mencontek mengacungkanjaritengah mencemoohdengankalimatkasar memukulteman merobekbukuevaluasiteman berkelahi membolos berkatakasar (membentak) manariktangantemansambilmemutar-mutarnya mengobrolketika guru menjelaskan. Kedua Tingkat pertimbangan moral yang mendasariperilakusiswakelas IVA yaitu tingkat ke-2 (orientasi instrumental relatif) sebanyak 50.Dari hasilpenelitianinidiharapkandapatdijadikansebagaipertimbangan bahanrujukandanperbandinganuntukpenelitian-penelitianselanjutnya dikarenakanmasihbanyakaspek yang perluditelitipadasiswaterkaittentangperilakudantingkatpertimbangan moral.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6526 |
Actions (login required)
View Item |