Indrasari, Selvi (2017) Peningkatan keterampilan menulis cerita menggunakan media gambar ilustrasi pada siswa kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang / Selvi Indrasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indrasari Selvi. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Menggunakan Media Gambar Ilustrasi pada Siswa Kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumanto M.Pd. (II) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Gambar Ilustrasi Menulis Cerita. Media Gambar Ilustrasi adalah suatu media pembelajaran yang berikan kumpulan gambar tentang Kerajaan Islam di Indonesia dan digunakan untuk mencari informasi dan dituangkan dalam sebuah cerita. Penelitian dilaksanakan di SDN Madyopuro 4 Kota Malang kemampuan siswa dalam menulis cerita tergolong rendah karena siswa belum memahami cara membuat cerita dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang dengan menggunakan media gambar ilustrasi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang dengan jumlah siswa 27. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi dokumentasi tes dan wawancara. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang keterampilan menulis cerita dengan menggunakan media gambar ilustrasi dapat meningkat (1) aktivitas guru dari siklus I dengan skor total 81 meningkat menjadi 91 pada siklus II (2) aktivitas siswa pada siklus 1 rata-rata 70 meningkat menjadi 80 pada siklus II (3) hasil keterampilan siswa dalam menulis cerita menggunakan media gambar ilustrasi dimulai dari pra tindakan hingga siklus II mengalami peningkatan yaitu pada pra tindakan 40% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh peneliti pada siklus I meningkat menjadi 74% pada siklus II meningkat menjadi 89% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan peneliti. Peneliti menilai karya siswa menggunakan beberapa aspek yaitu pemilihan kata kesesuaian isi dengan judul penggunaan tanda baca penggunaan huruf kapital dan pengembangan paragraf. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerita. Peneliti menyarankan agar dapat menggunakan dalam setiap proses pembelajaran salah satunya media gambar ilustrasi karena dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang dibuat dalam pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |