Penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di kelas IV-B SDN Madyopuro 5 Kota Malang / Oktavia Dian Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di kelas IV-B SDN Madyopuro 5 Kota Malang / Oktavia Dian Puspitasari

Puspitasari, Oktavia Dian (2017) Penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di kelas IV-B SDN Madyopuro 5 Kota Malang / Oktavia Dian Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Oktavia Dian. 2017. Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di Kelas IV-B SDN Madyopuro 5 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutrisno S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Hj. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci Penerapan penilaian autentik pembelajaran tematik Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Penilaian autentik pada pembelajaran tematik sudah seharusnya diterapkan pada SD yang mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penilaian tersebut meliputi penilaian proyek kinerja portofolio dan tertulis yang dilakukan untuk memantau kemajuan dan hasil belajar mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar siswa. Kenyataan di lapangan terdapat guru yang menerapkan penilaian autentik belum maksimal sehingga diperlukan pemahaman lebih mendalam untuk guru karena penilaian merupakan satu kesatuan dalam pembelajaran tematik Kurikulum 2013. Penelitian ini difokuskan pada (1) perencanaan penilaian autentik (2) pelaksanaan penilaian autentik (3) pengolahan hasil penilaian autentik dan (4) pelaporan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas IV-B SDN Madyopuro 5 Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini yaitu SDN Madyopuro 5 Kota Malang dengan subjek penelitian guru kelas IV-B. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan metode induktif. Pengecekan keabsahan penelitian ini menggunakan kecukupan referensial dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan penilaian autentik belum dilaksanakan secara maksimal oleh guru kelas IV-B dikarenakan membutuhkan waktu cukup lama dalam membuat perencanaan (2) pelaksanaan penilaian autentik diterapkan guru kelas IV-B dalam pembelajaran tematik walaupun tidak dilaksanakan setiap hari karena pelaksanaan penilaian autentik menyesuaikan pembelajaran yang berlangsung (3) pengolahan penilaian autentik dilaksanakan oleh guru kelas IV-B menggunakan aplikasi Ms. Excel nilai yang diolah oleh guru terdiri dari nilai kognitif afektif dan psikomotor siswa (4) pelaporan penilaian autentik dilaksanakan guru kelas IV-B yang disajikan dalam data angka dan data deskripsi menggunakan aplikasi Ms. Excel minimal dua kali dalam satu tahun kemudian disampaikan kepada pihak-pihak terkait yaitu orang tua/wali siswa guru bimbingan konseling dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru kelas IV-B sudah melaksanakan mengolah dan melaporkan tetapi belum melaksanakan perencanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik Kurikulum 2013 secara maksimal. Berdasarkan kesimpulan tersebut hendaknya guru membuat perencanaan penilaian autentik agar pelaksanaan penilaian autentik dapat berjalan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6520

Actions (login required)

View Item View Item