Munawaroh, Baridatul (2017) Peningkatan kemampuan memahami teks narasi melalui teknik membaca sekilas (skimming) kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar / Baridatul Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Munawaroh Baridatul. 2017. Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Narasi Melalui Teknik Membaca Sekilas (Skimming) Kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar.Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono.S.Pd. M.Pd. (II) Suwarti. S.Pd. M.Pd. Kata kunci peningkatan memahami teks narasi teknik skimming Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar pada proses pembelajaran membaca teks narasi dengan jumlah 19 siswa menunjukkan permasalahan antara lain pembelajaran di kelas kurang mengak-tifkan siswa serta tingkat kerja sama antar siswa masih kurang. Guru menggunakan teknik membaca kurang bervariasi sehingga membuat siswa bosan saat mengikuti pembelajaran bahasa indonesia. Dan siswa hanya membaca bacaan yang diberikan guru tanpa memahami isi dari bacaan tersebut yang berdampak pada hasil belajar siswa. Sehingga hanya 2 siswa yang tuntas dengan KKM 70 sementara 17 siswa belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan teknik membaca sekilas (skimming) dan meningkatkan kemampuan memahami teks narasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis pene-litian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus ada 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menerapkan teknik Skimming dalam pembelajaran bahasa indonesia berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan pada aktivitas guru siklus I 85% dengan kategori B (baik) meningkat menjadi 100% dengan kategori A (sangat baik) pada siklus II aktivitas siswa 73% dengan kategori C (cukup baik) meningkat menjadi 93% dengan kategori A (sangat baik) pada siklus II dan persentase ketuntasan siswa dari pratindakan 11% dengan kategori E (tidak baik) meningkat menjadi 32% kategori E (tidak baik) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 87% dengan kategori B (baik) pada siklus II. Kesimpulan kepada guru dan peneliti lanjut agar menggunakan teknik membaca sekilas (skimming) karena dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa yang perlu diperhatikan dalam penggunaan teknik adalah lebih teliti untuk mempelajari sintak agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6518 |
Actions (login required)
View Item |