Peningkatan hasil belajar PKn materi organisasi melalui model Numbered Heads Togrther (NHT) di kelas V SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Tulungagung / Endah Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn materi organisasi melalui model Numbered Heads Togrther (NHT) di kelas V SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Tulungagung / Endah Tri Wahyuni

Wahyuni, Endah Tri (2017) Peningkatan hasil belajar PKn materi organisasi melalui model Numbered Heads Togrther (NHT) di kelas V SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Tulungagung / Endah Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Endah Tri. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Organisasi Melalui Model Numbered Heads Together di Kelas V SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. (2) Dra. Widayati M.H. Kata kunci hasil belajar PKn model numbered heads together Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pembelajaran PKn di kelas V SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Tulungagung diketahui bahwa (1) pembelajaran berpusat pada guru (2) guru menggunakan metode ceramah (3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan (4) suasana pembelajaran kurang menyenangkan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu dari 12 siswa hanya 3 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu 75 sedangkan sebanyak 9 siswa dinyatakan belum tuntas. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) penerapan model Numbered Heads Together pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Tulungagung (2) peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn setelah menerapkan model Numbered Heads Together di kelas V SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian persentase kemampuan guru dalam menggunakan model Numbered Heads Together pada siklus I adalah 78% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pratindakan adalah 58 dengan ketuntasan klasikal mencapai 25%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal 67%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83 dengan ketuntasan klasikal mencapai 92% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together dilaksanakan guru dengan sangat baik. Sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar PKn siswa kelas V dari kurang sekali menjadi baik. Disarankan kepada guru untuk menerapkan dan mengembangkan model Numbered Heads Together pada pembelajaran PKn materi yang lain dan bagi sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang lengkap dan pelatihan bagi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6517

Actions (login required)

View Item View Item