Implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas III semester I tahun ajaran 2016.2017 di SD se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Ulham Wasis Dharmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas III semester I tahun ajaran 2016.2017 di SD se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Ulham Wasis Dharmawan

Dharmawan, Ilham Wasis (2017) Implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas III semester I tahun ajaran 2016.2017 di SD se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Ulham Wasis Dharmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dharmawan Ilham Wasis. 2017. Implementasi Penilaian Autentik berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kelas III Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 di SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata kunci Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelas III di SDN Bareng 2 pada pembelajaran tema Perkembangan Teknologi dengan materi membuat kemasan produk makanan yang menarik ditemukan fakta bahwa setelah guru memberikan tugas kepada siswa untuk menggambar sebuah kemasan produk makanan yang menarik guru tidak memperhatikan pengerjaan yang dilakukan oleh siswa. Guru justru meninggalkan kelas setelah memberikan tugas dan kembali ke kelas saat waktu pengerjaan berakhir. Seharusnya guru memperhatikan pengerjaan siswa mulai proses sampai hasilnya dalam menggambar kemasan produk makanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pengolahan nilai dan pelaporan penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu guru kelas III di SD se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang dengan jumlah 13 guru dari 7 SD karena jumlahnya kurang dari 100 semua guru ditetapkan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner (angket) langsung jenis tertutup. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 21.0. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase dan dikualifikasikan sesuai kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penilaian autentik menunjukkan presentase sebesar 79 18% sehingga tergolong kategori baik. Pada pelaksanaan penilaian autentik menunjukkan presentase sebesar 77 40% sehingga tergolong kategori baik. Pada pengolahan penilaian autentik menunjukkan presentase sebesar 80 77% sehingga tergolong kategori baik sekali. Pada pelaporan penilaian autentik menunjukkan presentase sebesar 96 15% sehingga tergolong kategori baik sekali. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru kelas III dalam perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013 tergolong baik sedangkan dalam pengolahan nilai dan pelaporan tergolong baik sekali. Saran kepada guru dalam pengimplementasian (perencanaan pelaksanaan pengolahan nilai dan pelaporan) hendaknya dilakukan sesuai pedoman teknis yang ada. Bagi peneliti lain disarankan untuk melengkapi instrumen penelitian berupa dokumentasi sehingga ada bukti nyata dari penilaian yang dilakukan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6514

Actions (login required)

View Item View Item