Persepsi wisatawan terhadap keberadaan pengemis di objek wisata religi Sunan Giri Kabupaten Gresik / Mirna Ardia Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi wisatawan terhadap keberadaan pengemis di objek wisata religi Sunan Giri Kabupaten Gresik / Mirna Ardia Rohmah

Rohmah, Mirna Ardia (2019) Persepsi wisatawan terhadap keberadaan pengemis di objek wisata religi Sunan Giri Kabupaten Gresik / Mirna Ardia Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rohmah Mirna Ardia. 2019.Persepsi Wisatawan Terhadap Keberadaan Pengemis di Objek Wisata Religi Sunan Giri Kabupaten Gresik. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sukamto M.Pd. M.Si (II) I Dewa Putu Eskasasnanda M.A. Kata Kunci Wisata Religi Karakteristik Wisatawan Pilihan Rasional Sektor wisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Kabupaten Gresik adalah daerah yang memiliki banyak potensi wisata. Sebagai wilayah yang dikenal sebagai kota religi Gresik memiliki banyak peninggalan sejarah penyebaran Islam. Saat ini banyaknya wisatawan yang berkujung di Makam Sunan Giri memunculkan suatu masalah bagi pariwisata di kabupaten Gresik. Fenomena yang mengganggu adalah ketenangan para pengunjung sering terganggu dengan adanyapengemis. Atas dasar hal tersebut maka tujuan dalam penelitian ini yautu (1) menganalisis karakteristik wisatawan di Objek Wisata Religi Sunan Giri Kabupaten Gresik (2) menganalisis alasan wisatawan berkunjung di Objek Wisata Religi Sunan Giri Kabupaten Gresik (3) menganalisis persepsi wisatawan terhadap adanya pengemis di Objek Wisata Religi Sunan Giri Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan informan menggunakan teknik bola salju. Informan dalam penelitian ini terbagi menjadi informan kunci dan pendukung. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yang memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap Penelitian ini terdiri dari tahap pra-lapangan tahap Penelitian analisis data dan tahap penulisan laporan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu (1) karakteristik wisatawan yang berkunjung yaitu memilikirata-rata usia 30 tahun dan sudah menikah mayoritas berjenis kelamin perempuan berasal dari daerah sekitar wisata dan lama berkunjung sekitar 2-3 jam (2) alasan wisatawan datang yaitu karena rasa ingin tahu tentang sejarah Islam berdoa untuk arwah leluhur menghilangkan kejenuhan dan daya tarik wisata berupa bangunan bersejarah (3) wisatawan berpandangan positif terhadap keberadaan pengemis karena jumlah pengemis yang sedikit dibandingkan dengan wisata religi lain para pengemis meminta dengan cara yang sopan dan para pengemis tidak berada pada daerah makam. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk mengkaji tentang sistem zonasi atau pembagian wilayah yang ada di Objek Wisata Religi Sunan Giri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/65137

Actions (login required)

View Item View Item