Kajian modal sosial pengusaha online fashion di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Lutfitasari

Lutfitasari (2019) Kajian modal sosial pengusaha online fashion di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Lutfitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Lutfitasari. 2019. Kajian Modal Sosial Pengusaha Online Fashion di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nyoman Ruja, S.U, (II) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant.,M.A. Kata Kunci: Modal Sosial, Usaha Online, Fashion Perkembangan internet yang semakin pesat telah memberikan peluang untuk berbisnis online fashion. Peluang tersebut banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa karena dekat dengan informasi dan dunia internet. Namun menjalankan usaha online tidak mudah karena banyak persaingan. Oleh karena itu, dalam suatu usaha online fashion penting untuk menerapkan modal sosial berupa kepercayaan, kejujuran, dan jaringan sosial supaya suatu usaha dapat berjalan sukses dan maju. Atas dasar itu maka tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) menganalisis sejarah pengusaha dalam memulai usaha online fashion, (2) menganalisis upaya pengusaha online fashion untuk membangun kepercayaan konsumen, (3) menganalisis strategi pengusaha online fashion dalam mempertahankan kepercayaan konsumen, (4) menganalisis cara pengusaha online fashion dalam mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan informan menggunakan teknik snowball sampling. Informan dalam penelitian ini terbagi menjadi informan kunci dan pendukung. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yang memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian ini terdiri dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap penulisan laporan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) sejarah pengusaha dalam memulai usaha online fashion yaitu adanya lama waktu usaha berlangsung, adanya motivasi mendapatkan uang dan memanfaatkan peluang. (2) upaya pengusaha online fashion dalam membangun kepercayaan konsumen, yaitu dengan memberikan informasi yang akurat, menyediakan barang yang berkualitas, dan menggunakan testimoni pembeli. (3) strategi pengusaha online fashion dalam mempertahankan kepercayaan konsumen, yaitu dengan memberikan jaminan pasca pembelian. (4) cara pengusaha online fashion dalam mengembangkan usahanya, yaitu dengan cara membuat diskon, mensosialisasikan melalui media sosial, memasarkan di toko online bukalapak, melalui jasa penyedia promosi paid promote, mempromosikan produk melalui mulut ke mulut (word of mouth), dan melalui endorse. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diajukan saran bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat mengembangkan penelitian serupa atau faktor-faktor lain terkait kajian modal sosial terhadap pengusaha online di bidang fashion atau bidang lainnya. Diharapkan juga mampu memperluas orientasi penelitian pada lingkup informan yang berbeda dengan karakteristik yang berbeda pula, sehingga dapat dijadikan sebagai pembanding atau pelengkap penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/65132

Actions (login required)

View Item View Item