Kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah dasar se-Kecematan Lawang Kabupaten Malang / Diana Rahma Yanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah dasar se-Kecematan Lawang Kabupaten Malang / Diana Rahma Yanti

Yanti, Diana Rahma (2017) Kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah dasar se-Kecematan Lawang Kabupaten Malang / Diana Rahma Yanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yanti Diana Rahma. 2017. Kelengkapan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd (II) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd. Kata Kunci sarana prasarana sekolah dasar Sarana dan prasarana di Sekolah Dasar (SD) merupakan segala sesuatu yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi berjalannya kegiatan pembelajaran. Meskipun telah ditetapkan secara nasional mengenai standar minimum sarana dan prasarana namun kenyataan di lapangan menunjukkan belum tentu setiap SD telah memiliki sarana dan prasarana sesuai dengan ketentuan. Penelitan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kelengkapan prasarana di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Lawang (2) mendeskripsikan kesesuaian kondisi prasarana di sekolah dasar negeri dengan standar minimum sarana dan prasarana yang telah ditetapkan secara nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitiannya yaitu seluruh sekolah dasar negeri di wilayah Kecamatan Lawang yang berjumlah 46 sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi karena seluruh kepala sekolah dari anggota populasi ditetapkan sebagai responden. Instrumen penelitian berupa angket dengan 5 alternatif jawaban yang menggunakan Skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi relatif dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan (1) 58 7% SD telah memenuhi luas minimal lahan (2) 69 57% bangunan SD telah berada di lokasi yang sesuai dengan ketentuan (3) 63 04% SD telah memiliki izin mendirikan dan penggunaan bangunan sebelum berdiri (4) 47 3% SD tidak memiliki kelengkapan sistem pencegahan bahaya kebakaran dan petir (5) 45 65% SD hanya memiliki prasarana ruang kelas perpustakaan ruang guru dan jamban (kamar kecil) (6) 41 31% SD memiliki buku teks pelajaran dengan rasio 1 buku untuk 2-5 siswa (7) 63 04% SD tidak memiliki laboratorium IPA (8) 30 43% SD memiliki UKS dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan. Simpulan hasil penelitian yaitu (1) Sebagian besar SD di wilayah Kecamatan Lawang telah memenuhi kelengkapan yang meliputi lahan bangunan serta sarana dan prasarana. (2) Hampir setengah bagian dari keseluruhan SD sudah memenuhi kesesuaian kondisi sarana dan prasarana. Sebaliknya sebagian kecil belum memenuhi karena tidak tersedianya laboratorium IPA ruang pimpinan tempat beribadah ruang UKS gudang dan ruang sirkulasi. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Pihak sekolah hendaknya secara periodik mengajukan permohonan bantuan kepada dinas terkait untuk memenuhi kebutuhan akan kekurangan sarana dan prasarana (2) Guru diharapkan peranannya dalam pembuatan media pelajaran sehingga dapat menambah kelengkapan sarana (3) Peneliti berikutnya dapat memperluas populasi penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item View Item