Analisis kesalahan berbahasa dalam karangan eksposisi siswa kelas VB SD Negeri Madyopuro 4 Kota Malang / Surya Aziz Yudianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan berbahasa dalam karangan eksposisi siswa kelas VB SD Negeri Madyopuro 4 Kota Malang / Surya Aziz Yudianto

Yudianto, Surya Aziz (2017) Analisis kesalahan berbahasa dalam karangan eksposisi siswa kelas VB SD Negeri Madyopuro 4 Kota Malang / Surya Aziz Yudianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yudianto Surya Aziz. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas VB SD Negeri Madyopuro 4 Kota Malang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sjafrudin A.R S.Pd. M.Pd. (II) Drs. H. Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kesalahan Berbahasa dan Karangan Eksposisi Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru kelas VA dan VB di SD Negeri Madyopuro 4 Kota Malang pada observasi awal yang dilaksanakan tanggal 10 dan 11 Januari 2017 masih terdapat kesalahan-kesalahan pada penulisan huruf vokal menulis kata seperti apa yang sering mereka dengar tidak tepat dalam pemilihan kata sehingga maknanya tidak tepat sehingga banyak terdapat kata yang tidak baku. Penelitian ini mendeskripsikan tentang kesalahan penggunaan kosakata baku dalam karangan eksposisi siswa kelas VB di SD Negeri Madyopuro 4 Kota Malang. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan demikian laporan akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Dari hasil tes mengarang yang diberikan kepada siswa 97% siswa melakukan kesalahan dalam penggunaan kosakata baku. Kesalahan yang dilakukan siswa terdiri dari 1) mengganti huruf vokal 2)menghilangkan huruf vokal 3) menyederhanakan huruf vokal berderet 4) mengganti huruf konsonan 5) menambah huruf konsonan 6) menghilangkan huruf konsonan 7) menyederhanakan gabungan huruf konsonan 8)membentuk kata yang kurang tepat 9) ejaan tidak benar sehingga kata menjadi tidak baku. Sedangkan dari hasil analisis dapat diketahui bahwa kesalahan penggunaan kosakata baku dalam karangan eksposisi siswa kelas VB SD Negeri Madyopuro 4 Kota Malang secara berurutan sebagai berikut 1) mengganti huruf vokal (TB-a) berjumlah 3 kata (1 80%) 2)menghilangkan huruf vokal (TB-b) berjumlah 8 kata (3 60%) 3) menyederhanakan huruf vokal berderet (TB-e) berjumlah 1 kata (0 45%) 4) mengganti huruf konsonan (TB-f) berjumlah 9 kata (5 41%) 5) menambah huruf konsonan (TB-g) berjumlah 6 kata (2 70%) 6) menghilangkan huruf konsonan (TB-h) berjumlah 10 kata (4 50%) 7) menyederhanakan gabungan huruf konsonan (TB-j) berjumlah 5 kata (1 80%) 8)membentuk kata yang kurang tepat (TB-k) berjumlah 129 kata 58 10%) 9) ejaan tidak benar (TB-L) berjumlah 48 kata (21 62%). Dengan demikian diharapkan kepada guru kelas agar dapat lebih memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan dalam pembelajaran baik dalam penyampaian materi maupun pada produk siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6512

Actions (login required)

View Item View Item