Industri pengolahan logam mulia, manfaat ekonomi dan aktivitas belajar remaja sekolah Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat / Mujizat Ino

Ino, Mujizat (2019) Industri pengolahan logam mulia, manfaat ekonomi dan aktivitas belajar remaja sekolah Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat / Mujizat Ino. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ino, Mujizat. 2019. Industri Pengolahan Logam Mulia, Manfaat Ekonomi dan Aktivitas Belajar Remaja Sekolah Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Skripsi, Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A, (II) Agus Purnomo, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pengolahan Logam Mulia, Manfaat Ekonomi, Aktivitas Belajar, Remaja Sekolah, Desa Batu Putih. Keberadaan pengolahan logam mulia di Desa Batu Putih memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Batu Putih. Hasil yang menguntungkan membuat masyarakat dari semua golongan termasuk para remaja di Desa Batu Putih tertarik untuk bekerja di pengolahan logam mulia. Ketertarikan para remaja untuk bekerja di pengolahan logam mulia berpotensi akan mengganggu aktivitas belajar remaja sekolah. Sesuai dengan pernyataan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana sejarah berdirinya pengolahan logam mulia di Desa Batu Putih? (2) Apa manfaat ekonomi pengolahan logam mulia Desa Batu Putih terhadap kehidupan remaja usia sekolah? (3) Bagaimana aktivitas belajar remaja usia sekolah yang bekerja di industri pengolahan logam mulia? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan lokasi dalam penelitian dipilih secara purposive sebagai syarat dan tujuan penelitian. Pemilihan lokasi berada di Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat yang terdapat industri pengolahan logam mulia. Teknik pengumpulan data yang tergolong sebagai sumber data primer dilakukan secara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang tergolong sumber data sekunder yaitu studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah industri pengolahan logam mulia di Desa Batu Putih berawal dari adanya penemuan kandungan emas oleh PT. Newmont. Melalui temuan tersebut, warga Desa Batu Putih dibantu oleh para pendatang dari luar Pulau Sumbawa mendirikan usaha pengolahan logam mulia secara tradisional yang kemudian terus berkembang hingga sekarang. Selain orang dewasa, pengolahan logam mulia di Desa Batu Putih juga menarik remaja sekolah untuk bekerja. Para remaja sekolah memanfaatkan hasil dari bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti uang saku untuk sekolah atau sebagai uang jajan. Bekerja di pengolahan logam mulia tidak membuat aktivitas belajar para remaja usia sekolah yang bekerja menjadi terganggu. Mereka menganggap bekerja di pengolahan logam mulia hanya sebagai pekerjaan sampingan tidak terlalu diprioritaskan. Sehingga mereka mudah mengatur waktu antara belajar dan bekerja. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk meneliti tentang perubahan sosial ekonomi remaja sekolah pekerja pengolahan logam mulia (pengkajian dalam aspek perubahan sosial ekonomi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/65117

Actions (login required)

View Item View Item