Peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas V SDN Rembang 2 Kota Blitar / Nur Indah Hari Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas V SDN Rembang 2 Kota Blitar / Nur Indah Hari Utari

Utari, Nur Indah Hari (2017) Peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas V SDN Rembang 2 Kota Blitar / Nur Indah Hari Utari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utari Nur Indah Hari Utari. 2017. Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita melalui Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) di Kelas V SDN Rembang 2 Kota Blitar. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M. Pd (2) Dr. Alif Mudiono M.Pd Kata Kunci peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita model auditory intellectually repetition (AIR). Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN Rembang 2 Kota Blitar pada pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa (1) pembelajaran bersifat monoton dan didominasi oleh penjelasan guru dengan model tradisional yaitu model ceramah (2) siswa pasif karena pembelajaran bersifat guru sentris (3) siswa tidak bisa mengidentifikasi unsur cerita dengan benar sehingga nilai siswa rendah dengan nilai rata-rata kelas dibawah KKM yaitu 71 dan hanya 47 6% siswa yang tuntas (4) siswa tidak bisa memahami isi cerita (5) siswa tidak dapat membedakan antara judul dengan tema (6) siswa bingung menentukan alur maju mundur atau alur campuran (7) dalam mengidentifikasi perwatakan tokoh siswa hanya menjawab watak tokoh baik dan jahat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita menggunakan model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksananakan dalam 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi wawancara catatan lapangan dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dilaksanakan pada siklus I mencapai 95 6% (sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 100 0% (sangat baik) aktivitas siswa pada siklus I mencapai 90 6% (sangat baik) meningkat pada siklus II menjadi 99 3% (sangat baik). Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 72 dan ketuntasan klasikal 61 9% (cukup) dan pada siklus II nilai rata-rata 78 5 dengan ketuntasan klasikal 80 9% (baik). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi mengidentifikasi unsur intrinsik cerita telah dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan baik. Guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk dapat menumbuhkan motivasi belajar dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6510

Actions (login required)

View Item View Item