Prabowo, Ernanda Ashar (2016) Pengembangan multimedia dengan mobile learning untuk mata pelajaran biologi kelas XI / Ernanda Ashar Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prabowo Ernanda Ashar. 2016. Pengembangan Multimedia Dengan Mobile Learning Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata kunci Mobile Learning Multimedia Biologi. Pembelajaran biologi di SMA Panjura Malang guru menggunakan teks dan gambar yang bersumber dari buku pelajaran selain itu guru menggunakan video yang bersumber dari internet sebagai media pembelajaran untuk menjelaskan materi pelajaran.Materi tentang sistem imun membutuhkan pemahaman yang lebih karena materi ini bersifat abstrak video yang membahas materi tentang sistem imun cenderung sedikit dan konten didalam video tersebut kurang memudahkan siswa memahami materi. Media pembelajaran seperti video yang hanya dapat digunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran dikelas. Untuk itu diperlukansebuah media pembelajaran yang dapatdiakses oleh siswa kapan saja dan dimana saja.Solusinyaadalah pengembanganmultimedia denganmobile learning. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan multimedia dengan mobile learning yang valid dan efektif dalam membantu siswa memahamimateri pada mata pelajaran biologi pokok bahasan sistem imun di SMA Panjura Malang. Pada pengembanganinimenggunakanmodel pengembangan dari Lee Owens dengan alur 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas XI SMA berjumlah 20. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan multimedia denganmobile learningini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 97 5% ahli materi 96 25% uji coba perseorangan 93 33% uji coba kelompokkecil 92 25% uji coba lapangan 96 05%. Multimedia denganmobile learninginidinyatakanefektif halinidapatdianalisisdandiinterpretasikandari20siswa yang mengikutiteshasilbelajar keseluruhansiswamengalamiketuntasanbelajarataumemenuhi KKM ( 8805 70) setelahmenggunakanaplikasi multimedia denganmobile learningmata pelajaran biologi. Dengandemikiandapatdijelaskanbahwakeseluruhansiswa yang berjumlah 20siswa 100% mengalamiketuntasanbelajarsetelahmenggunakanaplikasimultimedia denganmobile learningmata pelajaran biologi. Saran yang diajukan kepada guru diharapkan mengenalkan denganmobile learning kepada para siswa-siswinya dan mampu memanfaatkan multimedia denganmobile learningdalam kegiatan mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/651 |
Actions (login required)
View Item |