Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui model inkuiri pada siswa kelas IVA SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Sindy Novianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui model inkuiri pada siswa kelas IVA SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Sindy Novianti

Novianti, Sindy (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui model inkuiri pada siswa kelas IVA SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Sindy Novianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novianti Sindy. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi melalui Model Inkuiri pada Siswa Kelas IVA SDN 2 Gandusari Kabupaten Trenggalek. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Suminah S.Pd M.Pd (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar model inkuiri Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran tematik di kelas IV SDN Melis Kabupaten Trenggalek terdapat beberapa permasalahan (1) siswa kurang berpatisipasi dalam kegiatan pembelajaran (2) guru kurang membimbing siswa saat pada saat pembelajaran berlangsung (3) siswa kurang antusias dalam pembelajaran karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik (4) hasil belajar masih rendah dari 15 siswa bahwa 9 siswa belum tuntas dan 6 siswa tuntas. Peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan (1) menerapkan model inkuiri pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi melalui model inkuiri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan model inkuiri dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi diperoleh persentase hasil belajar siswa meningkat dari tahap pratindakan siklus I dan siklus II. Pada aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 80% sedangakan pada pertemuan 2 memperoleh 85%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 95% sedangkan pada pertemuan 2 100%. Pada aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 62% sedangakan pada pertemuan 2 memperoleh 76%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 83% sedangkan pada pertemuan 2 93%. Untuk rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 47% sedangakan pada pertemuan 2 memperoleh 60%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 93% sedangkan pada pertemuan 2 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dalam pembelajaran materi kegiatan ekonomi. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan model inkuiri pada pembelajaran tematik supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 02 Gandusari Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item