Peningkatan hasil belajar IPS melalui model discovery learning siswa kelas III SDN Padangan 1 Kabupaten Tulungagung / Gandhung Setyo Pambudi

Pambudi, Gandhung Setyo (2017) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model discovery learning siswa kelas III SDN Padangan 1 Kabupaten Tulungagung / Gandhung Setyo Pambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pambudi, Gandhung Setyo. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui model Discovery Learning siswa kelas III SDN Padangan 1 Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan KSDP, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suwarti, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Sri Murdiyah, M.Pd. Kata kunci: peningkatan, hasil belajar, model Discovery Learning Hasil observasi proses pembelajaran materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang diketahui bahwa: (1) Siswa kurang aktif dalam pembelajaran, (2) suasana pembelajaran kurang menyenangkan mengakibatkan beberapa siswa bermain bersama teman lainnya, (3)proses belajar lebih berpusat kepada guru , (4) guru masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Dari hasil UTS terdapat 12 dari 22 siswa belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75 atau 55% siswa belum mencapai ketuntasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learningpada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uangpada siswa kelas III SDN Padangan 1dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Padangan 1melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelasdengan mengunakan pendekatan kualitatif. Tahapan pada penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 79% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74,5% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi sebesar 94% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II. Pada tahap pratindakan persentase keberhasilan sebesar 45% dengan kriteria kurang sekali meningkat pada siklus I menjadi 77,5% dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 95,5% dengan kriteria sangat baik. Selain itu aspek sikap dan aspek keterampilan juga meningkat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learningdapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang pada siswa kelas III SDN Padangan 1 Kabupaten Tulungagung. Saran bagi guru dan peneliti selanjutnya untuk memilih model yang efektif, menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6508

Actions (login required)

View Item View Item