Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi tema Sejarah Peradaban Indonesia melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Mohammad Aldian Erviansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi tema Sejarah Peradaban Indonesia melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Mohammad Aldian Erviansyah

Erviansyah, Mohammad Aldian (2017) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi tema Sejarah Peradaban Indonesia melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang / Mohammad Aldian Erviansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erviansyah Mohammad Aldian. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Tema Sejarah Peradaban Indonesia Melalui Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. Kata Kunci keterampilan menulis karangan narasi model mind mapping tema sejarah peradaban Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Hal tersebut ditunjukkan dari kesalahan penulisan yang dialami siswa baik dalam isi maupun mekanisme tulisan. Berdasarkan temuan di lapangan 42 dari 49 siswa belum mencapai nilai ketuntasan. Atas dasar masalah tersebut peneliti berupaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan model mind mapping. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model mind mapping dalam menulis karangan narasi mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model mind mapping dan mendeskripsikan peningkatan menulis karangan narasi Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada siswa kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang dengan jumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara bertahap pada aktivitas guru aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 82 1% meningkat menjadi 89 2% pada siklus II. Aktivitas siswa saat kegiatan menulis pada siklus I sebesar 49 1% dan meningkat menjadi 67 7% pada siklus II. Hasil rata-rata menulis karangan narasi pada pratindakan sebesar 60 4 dengan ketuntasan 14% meningkat menjadi 69 7 dengan ketuntasan 24 4% pada siklus I. Pada siklus II hasil menulis karangan narasi meningkat dengan rata-rata 79 3 dan ketuntasan 81 6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi Tema Sejarah Peradaban Indonesi pada siswa kelas V SDN Sawojajar 3 Kota Malang. Berdasarkan penelitian ini disarankan peneliti lain senantiasa melakukan penelitian pada bidang kebahasaan khususnya pada tingkat sekolah dasar. Kemudian selain dalam pembelajaran menulis guru disarankan dapat menerapkan model mind mapping tidak hanya pada bidang kebahasaan saja melainkan dapat menerapkannya pada bidang-bidang lain. ABSTRACT Erviansyah Mohammad Aldian. Improvement of Narrative Writing Skill of Historical Theme of Indonesian Civilization Through Mind Mapping Model on 5th Grader of SDN Sawojajar 3 Malang. Mini Thesis Department of Elementary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisor (I) Drs. Achmad Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. Keywords Writing skills narrative essay mind mapping model historical theme of Indonesian civilization This research is motivated by the low result of writing essay writing on 5th grade students of SDN Sawojajar 3 Malang. It is shown from the errors of writing experienced by students either on the content or mechanism of writing. Based on the findings in the field 42 of 49 students have not reached a value of completeness. On the basis of these problems researchers attempt to improve narrative writing skills using mind mapping model. This research was conducted with the aim to describe the application of mind mapping models in a narrative writing describe the activities of teachers and students in learning writing narrative using mind mapping models and describe the improvement of writing narrative The Theme of History of Indonesian Civilization on 5th grade students of SDN Sawojajar 3 Malang. This study used a qualitative approach with classroom action research. This research was conducted for two cycles that is cycle I and cycle II consisting of planning implementation observation and reflection. The subjects of the research were students in grade 5 of SDN Sawojajar 3 Malang with 49 students. Data collection techniques used are tests observations and documentation. The results showed a gradual increase in teacher activity student activity and narrative writing skills. Teacher activity in the first cycle was 82.1% increasing to 89.2% in cycle II. Student activity during writing activity in cycle I was 49.1% and increased to 67 7% in cycle II. The average result of writing a narrative on pre-action of 60.4 with 14% completeness increased to 69.7 with 24.4% completeness in cycle I. In the second cycle of narrative writing results increased by an average of 79.3 and 81.6% completeness. Thus it can be concluded that the application of mind mapping model can improve the skill of writing narrative by the theme The History of Indonesian Civilization in the 5th grade students of SDN Sawojajar 3 Malang. Based on this research it is suggested that other researchers always do research on linguistic field especially at elementary school level. Then in addition to writing lessons teachers are advised to apply the mind mapping model not only in the field of language but also in other fields.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item