Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas III B SDN Ponggok 4 Kabupaten Blitar / Bahrul Ulum Al Bahari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas III B SDN Ponggok 4 Kabupaten Blitar / Bahrul Ulum Al Bahari

Al Bahari, Bahrul Ulum (2017) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas III B SDN Ponggok 4 Kabupaten Blitar / Bahrul Ulum Al Bahari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahari Bahrul Ulum Al. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas III B SDN Ponggok 4 Kabupaten Blitar.Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan SekolahDasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Widayati M.H. (II) Drs. Sunyoto S. Pd M. Si Kata Kunci Peningkatan Hasil Belajar Snowball Throwing Hasil Observasi di kelas III B SDN Ponggok 4 Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn masih rendah. Dari hasil observasi didapat data sebagai berikut Pertama menggunakan model konvensional yaitu dengan metode ceramah dan pemberian tugas guru jarang menggunakan RPP guru tidak melakukan pembelajaran secara kelompok guru jarang menggunakan media pembelajaran. Kedua hasil belajar siswa pelajaran PKn masih rendah. Dari 21 siswa hanya 7 siswa yang mencapai nilai KKM mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn siswa kelas III B SDN Ponggok 4 Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa menunjukkan nilai yang baik dan meningkat di tiap siklusnya. Siswa sudah aktif dalam pembelajaran siswa sudah bisa membuat pertanyaan dan berani menjawab pertanyaan yang diajukan guru siswa sudah berani menjawab pertanyaan yang di dapat dari teman. Pada tahap pratindakan rata-rata siswa adalah 66 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa (33%). Pada akhir siklus I nilai rata-rata siswa 74 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 14 siswa persentase ketuntasan 63% dan predikat cukup sedangkan pada akhir siklus II nilai rata-rata siswa 84 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 21 persentase ketuntasan 100% dan predikat sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item