Analisis buku siswa kelas III SD semester genap berdasarkan pendekatan tematik integratif / Octavia Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku siswa kelas III SD semester genap berdasarkan pendekatan tematik integratif / Octavia Puspita Sari

Sari, Octavia Puspita (2017) Analisis buku siswa kelas III SD semester genap berdasarkan pendekatan tematik integratif / Octavia Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Octavia Puspita. 2017. Analisis Buku Siswa Kelas III SD Semester Genap Berdasarkan Pendekatan Tematik Integratif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd (II) Muchtar S.Pd. M.Si. Kata kunci Buku Siswa Pendekatan Tematik Integratif 10 Model Pembelajaran Terpadu Buku siswa yang sesuai dengan kurikulum 2013 saat ini menggunakan model pembelajaran terpadu dengan pendekataan tematik integratif. Hasil analisis awal buku siswa ditemukan fakta bahwa model pembelajaran terpadu dalam buku siswa terdapat kekurangan yang belum terpenuhi pada beberapa tahapan model pembelajaran terpadu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran terpadu dalam buku siswa khusunya kelas III SD semester genap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model-model pembelajaran yang termuat dalam setiap pembelajaran pada buku siswa kelas III SD semester genap. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ini menghasilkan temuan bahwa buku siswa kelas III SD semester genap telah menggunakan model pembelajaran terpadu berdasarkan pendekatan tematik integratif. Dari 10 model pembelajaran terpadu menurut Fogarty buku siswa kelas III SD semester genap telah memuat 3 model pembelajaran terpadu yaitu model webbed model threaded dan model integrated. Model-model pembelajaran terpadu itu telah menghubungkan 3 mata pelajaran dalam setiap pembelajarannya. Model yang menghubungkan kurang dari 3 mata pelajaran (fragmented connected nested sequenced dan shared) dan yang lebih dari 3 mata pelajaran (immersed dan networked) dinyatakan gugur. Ketiga model yang termuat dalam setiap pembelajaran memiliki 3 tahap yang sama tetapi dengan komponen yang berbeda di setiap tahapnya. Atas dasar temuan penelitian yang diperoleh maka peneliti menyarankan bagi pemerintah untuk menerapkan model integrated yang digunakan dalam buku siswa sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Pemerintah perlu menerapkan model yang digunakan oleh Kurikulum 2013 yaitu model integrated saja dalam setiap pembelajarannya. Sementara itu bagi penulis buku melakukan perbaikan pada penggabungan pembelajarannya dimana masih ada yang memuat mata pelajaran IPA dan IPS yang sebenarnya tidak ikut diintegrasikan dengan mata pelajaran lain pada kelas III SD. Selain itu bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dengan objek kajian yang berbeda dan dengan metodologi yang berbeda. ABSTRACT Sari Octavia Puspita. 2017. Students Book Analysis Grade III on Elementary School Second Semester Based on Thematic and Integrative Approach. Bachelor Thesis Elementary School and Pre-school Teacher Education Majors Faculty of Science Education State University of Malang. Supervisors (I) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd (II) Muchtar S.Pd. M.Si. Keywords Students Book Thematic Integrative Approach Integrated Teching and Learning Models Students books that are in line with the current national 2013 curriculum use an integrated learning model with integrative thematic alignment. The results of the initial analysis of the students books found the fact that the integrated learning model in the student book has unfulfilled shortcomings in several stages of integrated learning model. This research was conducted to find out the application of integrated learning model in the book of students especially class III Elementary school second semester. This study aims to describe the learning models contained in each learning in the book grade III Elementary School students second semester. The research done with this qualitative approach resulted in finding that second-grade IIII Elementary School students semester have used integrated learning model based on integrative thematic approach. Of the 10 integrated learning models according to Fogarty the third-grade elementary school book of the even semester has contained 3 integrated learning models namely webbed model threaded model and integrated model. The integrated learning models have linked 3 subjects in each of their lessons. Models that connect less than 3 subjects (fragmented connected nested sequenced and shared) and that more than 3 subjects (immersed and networked) are declared void. The three models contained in each lesson have the same 3 stages but with different components at each stage. On the basis of the research findings obtained the researchers suggested for the government to apply the integrated model used in the student book in accordance with the demands of the Curriculum 2013. The government needs to apply the model used by the Curriculum 2013 that is integrated model only in each learning. Meanwhile for the authors of the book to make improvements in the merger of learning where there are still containing natural science and social science subjects that actually not being integrated within the other subjects on Grade III of Elementary School. In addition for other researchers it is advisable to develop this research with different study objects and with different methodologies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6496

Actions (login required)

View Item View Item