Transaksi makna antara guru dan siswa yang berakibat terjadinya perilaku underachiever pada siswa gifted (studi interaksi simbolik) / Abdul Muhid - Repositori Universitas Negeri Malang

Transaksi makna antara guru dan siswa yang berakibat terjadinya perilaku underachiever pada siswa gifted (studi interaksi simbolik) / Abdul Muhid

Abdul (2010) Transaksi makna antara guru dan siswa yang berakibat terjadinya perilaku underachiever pada siswa gifted (studi interaksi simbolik) / Abdul Muhid. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan siswa gifted yang berprestasi di bawah kemampuan merupakan topik yang serius diperbincangkan dan menjadi diskursis dalam beberapa dekade oleh para orang tua guru konselor dan peneliti di bidang pendidikan. Dalam penelitian disertasi ini diungkap secara menyeluruh tentang perilaku underachiever pada siswa gifted melalui jendela keyakinan dan konstruksi guru terhadap siswa gifted bagaimana guru mempersepsikan siswa gifted dan bagaimana intervensi-intervensi pedagogis yang selama ini dilakukan oleh guru terhadap siswa gifted yang ternyata membuahkan self-fulfilling prophecy yang berpengaruh terhadap prestasi belajar. Selain itu juga diperlukan penelitian yang mengungkap bagaimana siswa gifted itu sendiri mendeskripsikan tentang proses pembelajaran yang selama ini dialaminya di kelas. Secara umum penelitian ini ditujukan untuk mengungkap bagaimana proses transaksi makna antara guru dan siswa yang membuahkan underachievement pada siswa gifted. Ada tiga hal yang akan diungkap dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana interaksi guru-siswa yang selama ini terjadi dalam proses pembelajaran di kelas yang mengakibatkan underachievement pada siswa gifted (2) bagaimana pemaknaan guru terhadap siswa gifted yang menghasilkan underachievement pada siswa gifted dan (3) bagaimana pemaknaan siswa gifted terhadap guru dan proses pembelajaran yang selama ini dialaminya di kelas yang menghasilkan underachievement pada siswa gifted. Dengan menggunakan studi interaksi simbolik yang biasa digunakan dalam penelitian sosiologi penelitian ini akan mengungkap interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya di kelas yang mengasilkan makna-makna dan membentuk suatu perilaku yang terus menerus dan siklikal (continual and cyclically). Oleh karena itu penelitian ini dibatasi pada transaksi makna yang tergelar dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gejala underachievement pada siswa gifted terjadi akibat transaksi makna dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut (1) pada saat proses teacher structuring siswa gifted merespon justru kurang tekun dalam belajar rendah dalam self-direction dan memperagakan keterampilan akademik yang rendah sehingga tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan baik (2) pada saat proses teacher soliciting siswa gifted malahan menunjukkan perilaku yang kurang cerdas mengalami kebingungan kurang percaya diri kurang berani mengungkapkan pendapat menghindari kompetisi lemah motivasi untuk berprestasi tinggi rendah diri dalam bidang akademik cenderung enggan melaksanakan tugas kurang melibatkan diri dalam kerja kelompok cenderung puas diri cenderung bergantung pada kelompok sehingga mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok (3) pada saat proses teacher reacting misalnya dengan memberikan balikan ternyata siswa gifted cenderung membantah sehingga menggangu proses pembelajaran. Adapun pemaknaan guru terhadap siswa gifted juga berpengaruh dalam menghasilkan underachievement yang dapat dijelaskan sebagai berikut (1) guru memaknai siswa gifted sebagai siswa yang rendah prestasi belajarnya akibat tidak mengikuti pelajaran karena masih suka bermain-main seperti anak kecil (2) siswa gifted menunjukkan prestasi belajar yang di bawah rata-rata kelas sehingga belum memenuhi ketuntasan kompetensi dasar (KD) harus mengikuti ujian remedial pada mata pelajaran tertentu supaya memenuhi standar kompetensi minimal (SKM) mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah tidak dapat memahami penjelasan guru sering tidak dapat menyelesaikan dengan baik tugas-tugas yang diberikan guru dan kurang termotivasi untuk berprestasi. Sedangkan siswa gifted memahami perilaku guru di kelas yang menyebabkan munculnya perilaku underachiever yaitu (1) siswa gifted memaknai guru dan proses pembelajaran di kelas sebagai sesuatu yang membosankan penuh dengan kegiatan menyelesaikan soal-soal yang berat dan sulit suasana kelas yang ramai dan tidak menyenangkan guru pendiam guru membingungkan guru pelan guru terlalu tegas guru sibuk dengan urusan sendiri guru tidak seru dan memaknai dirinya sendiri sebagai siswa yang tidak aktif di kelas (2) siswa gifted tidak suka tugas yang diulang-ulang malas mengikuti proses pembelajaran merasa tidak enjoy mengikuti proses pembelajaran di kelas kurang terpacu untuk mengerahkan kemampuannya dalam belajar mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi berfikir menghindari kompetisi tidak patuh terhadap instruksi guru tidak maksimal dalam menyelesaikan tugas-tugas bersikap negatif terhadap guru dan mata pelajaran dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diangkat proposisi sebagai berikut (1) munculnya perilaku underachiever pada siswa gifted merupakan hasil transaksi makna antara guru dan siswa gifted yang terjadi selama proses interaksi di kelas (2) pemaknaan guru terhadap siswa gifted itu mempengaruhi prestasi belajar siswa gifted (3) pemaknaan siswa gifted terhadap guru dan proses pembelajaran yang selama ini dialaminya di kelas mempengaruhi prestasi belajar siswa gifted. (4) pemaknaan guru terhadap siswa gifted mempengaruhi intervensi pedagogis yang selama ini dilakukan oleh guru (4) pemaknaan guru terhadap siswa gifted dipengaruhi oleh pemahaman guru yang awam tentang giftedness.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64951

Actions (login required)

View Item View Item