Perilaku agresi siswa SMK dalam perspektif nilai-nilai budaya Bugis-Makassar / Darwis

Darwis (2019) Perilaku agresi siswa SMK dalam perspektif nilai-nilai budaya Bugis-Makassar / Darwis. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darwis. 2018. Perilaku Agresi Siswa SMK Dalam Persfektif Nilai-Nilai Budaya Bugis-Makassar. Disertasi. Program Studi Psikologi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M. Pd., (2) Dr. Imanuel Hitipeuw, M.A. (3) Dr. Moh. Irtadji, M. Si. Kata kunci: agresi, siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku agresi yang terjadi pada siswa SMK di Kota Makassar. Fokus penelitian diarahkan pada tiga inti pokok yaitu (1). Bagaimana nilai-nilai budaya melatarbelakangi terjadinya perilaku agresi pada siswa SMK (2). Bagaimana bentuk-bentuk kecenderungan perilaku agresi yang terjadi pada siswa SMK dan (3). Bagaimana penyebab terjadinya perilaku agresi pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Rancangan penelitian menggunakan kualitatif etnografi. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMK Negeri di Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, wawancara mendalam, observasi dan dokumen. Pengecekan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, Transferabilitas, Defandabilitas dan konfirmabilitas. Temuan penelitian perilaku Agresi Siswa SMK dalam Persfektif Nilai-Nilai Budaya Bugis-Makassar dapat digambarkan sebagai berikut, (1) Nilai-nilai budaya yang melatarbelakangi terjadinya perilaku agresi pada siswa SMK: (a). Terjadinya pergeseran makna nilai budaya siri sehingga menyebabkan terjadinya perilaku agresi baik fisik maupun verbal pada siswa SMK. (b). Terjadinya pergeseran makna nilai budaya pacce yang menyebabkan terjadinya perilaku agresi baik fisik maupun verbal pada siswa SMK. (2) Bentuk-bentuk kecenderungan perilaku agresi yang terjadi pada siswa yaitu agresi fisik langsung maupun agresi fisik tidak langsung, agresi verbal langsung maupun agresi verbal tidak langsung. Agresi fisik yang terjadi pada siswa yaitu tawuran (tindakan agresi yang melibatkan antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya), pengeroyokan (agresi fisik yang terjadi antara kelompok dengan indifidu), Perkelahian (agresi fisik yang terjadi antara indifidu dengan indifidu lainnya), perbuatan merusak (agresi fisik yang dilakukan siswa dalam bentuk perusakan fasilitas), agresi verbal yaitu agresi yang dilakukan siswa baik langsung maupun tidak langsung seperti provokasi, menhina dan megejek. (3) Penyebab terjadinya perilaku agresi dalam penelitian ini ditemukan beberapa faktor yaitu: amarah, rendahnya kontrol diri, teman sebaya, solidaritas, provokasi, gender dan lingkungan sekolah sebagai penyebab terjadinya perilaku agresi. Berdasarkan hasil temuan didapatkan dinamika psikologi perilaku agresi siswa SMK pada nilai-nilai Bugis Makassar adalah: (1). Terjadinya pergeseran nilai nilai budaya dalam pemahaman siswa sehingga mengakibatkan terjadinya perilaku agresi fisik maupun verbal. (2) Bentuk-bentuk kecenderungan perilaku agresi pada siswa SMK di Kota Makassar adalah agresi fisik langsung dan agresi verbal langsung. (3). Penyebab terjadinya perilaku agresi adalah Amarah, rendahnya kontrol diri, pengaruh teman sebaya, solidaritas, provokasi, gender dan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64940

Actions (login required)

View Item View Item