Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas IV semester gasal tahun ajaran 2016/2017 SD se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Galih Yoga Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas IV semester gasal tahun ajaran 2016/2017 SD se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Galih Yoga Pradana

Pradana, Galih Yoga (2017) Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas IV semester gasal tahun ajaran 2016/2017 SD se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Galih Yoga Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradana Galih Yoga. 2017. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 pada Kelas IV Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017 SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd (2) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dirancang untuk mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial rasa ingin tahu kreativitas kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik. Sejak diberlakukannya Kurikulum 2013 sejak tahun ajaran 2013/2014 telah mengalami pro dan kontra serta perbaikan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 pada kelas IV SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 pada kelas IV SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 pada kelas IV SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimen dengan metode penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh guru dan siswa SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. Sampel penelitian ini sebanyak 182 siswa ditentukan dengan teknik simple random sampling dan sebanyak 13 guru ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan bantuan microsoft office excel. Hasil penelitian pada subvariabel perancanaan pembelajaran pada kelas IV SD Se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 87 1% termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil penelitian pada subvariabel pelaksanaan pembelajaran pada kelas IV SD Se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 83 5% termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil penelitian pada subvariabel penilaian pembelajaran pada kelas IV SD Se-gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 85 02% termasuk kedalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item