Pengaruh pembelajaran kooperatif teknik jigsaw terhadap kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris lintas efikasi diri / Lufiana Harnany Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif teknik jigsaw terhadap kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris lintas efikasi diri / Lufiana Harnany Utami

Utami, Lufiana Harnany (2018) Pengaruh pembelajaran kooperatif teknik jigsaw terhadap kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris lintas efikasi diri / Lufiana Harnany Utami. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Utami Lufiana Harnany. 2018. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Terhadap Kecemasan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Lintas Efikasi Diri. Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (III) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif teknik jigsaw efikasi diri kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris antara siswa yang mendapat strategi pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan yang mendapat strategi pembelajaran konvensional perbedaan tingkat kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan efikasi diri rendah dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan efikasi diri terhadap terhadap kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Rancangan penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2X2 dengan pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Ada enam kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan strategi pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan kelompok kontrol yang mendapatkan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris dan skala efikasi diri. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris antara siswa yang mendapat strategi pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan yang mendapat strategi pembelajaran konvensional ada perbedaan tingkat kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan efikasi diri rendah dan ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan efikasi diri terhadap terhadap kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk merancang lingkungan pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar positif sehingga dapat membuat kecemasan siswa menjadi rendah menerapkan komponen strategi pembelajaran kooperatif agar iklim belajarnya dapat menurunkan kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris dan memperhatikan faktor afektif siswa seperti efikasi diri agar dapat membantu menurunkan kecemasan terhadap pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64938

Actions (login required)

View Item View Item