Model kecurangan akademik di sekolah / Andrian Pramadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Model kecurangan akademik di sekolah / Andrian Pramadi

Pramadi, Andrian (2018) Model kecurangan akademik di sekolah / Andrian Pramadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Andrian Pramadi 2018. Model Kecurangan Akademik di Sekolah. Disertasi. Program Studi Psikologi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1. Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi 2. Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Ed M.Si 3. Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata kunci kecurangan akademik motivasi belajar efikasi akademik persepsi terhadap perilaku curang teman dan classroom goal structure. Perilaku kecurangan akademik yang terjadi di sekolah menengah telah sering dibicarakan dan diberitakan. Kecurangan akademik ditampilkan dalam 2 bentuk meliputi perilaku curang seperti menyontek menyalin jawaban dari teman dan perilaku plagiat. Perilaku kecurangan akademik adalah sesuatu yang kompleks dan tidak mudah diterangkan dengan hanya menggunakan satu faktor saja. Faktor di luar siswa seperti pengaruh teman sebaya pengajaran guru tekanan orang tua dan iklim akademik merupakan faktor-faktor yang saling berinteraksi dalamperilaku kecurangan akademik siswa. Siswa yang melakukan kecurangan akademik saat ujian ulangan atau tugas berharap mendapat skor yang lebih baik. Kecurangan akademik yang akan diteliti adalah kecurangan dalam bentuk menyontek saling tukar jawaban saling kerjasama saat ulangan/ujian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental dan berusaha melihat hubungan kausalitas (Gall Borg 2007). Rancangan penelitiannya melihat hubungan antar variabel-variabel secara simultan kemudian melihat seberapa besar inter-relasi antar variabel atau konstruk lalu dilanjutkan dengan pengujian model teoritik yang diajukan. Penelitian ini berusaha membuat model tentang kecurangan akademik pada 247 siswa sekolah menengah kelas XI XII di Sekolah Menengah Atas. Pengambilan sampel subyek penelitian menggunakan penarikan acak secara bertingkat yang non proporsional yaitu teknik pengambilan sampel berdasar strata kelas (unit-unit) populasi dikelompokkan menjadi kelompokkelompok homogenya. Proses penelitian dibagi 2 tahap tahap uji validitas alat ukur (139 siswa) dan tahap uji model (247 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model teoritik yang diajukan ternyata sesuai (fit) dengan kondisi realitas di lapangan. Hasilnya adalah sebagai berikutl nilai 967 2 (Chi kuadrat) sebesar 0 113 (p 0 05) RMSEA 0 029 (p0 9). Jadi model teoritis kecurangan akademik yang meliputi faktor classroom goal structure faktor motivasi faktor efikasi akademik faktor teman sebaya memiliki hubungan yag diajukan peneliti memiliki kecocokan dengan perilaku kecurangan yang terjadi di sekolah tersebut. Kesimpulannya perilaku kecurangan akademik terjadi oleh beberapa faktor seperti faktor individu (motivasi efikasi akademik) faktor situasional (persepsi terhadap perilaku curang teman) dan faktor kontekstual (classroom goal structure dari guru). Saran sekolah guru orangtua tidak perlu menyalahkan siswa nya apabila menampilkan perilaku curang. Mereka sebaiknya memperbaiki dinamika pengajaran di kelas model belajar mengajar bervariatif untuk meningkatkan motivasi mastery pada siswa. ii ABSTRACT Andrian Pramadi 2018. Model of Academic Cheating SKHMceaahynloawuonrolga r.wo dfsSa un Paap s cbMeyaorcd.uvEheitdosm lo ofMirrcgsi. yeS c n hi.o1d e f3. a s.t EPiDndarrgcou. afc A.lda edetaDiim roArnn.it ic.mn MPgoca ohmkrseottoah ttMeGiivnnr.aS gati dP.i oubanaeli th ea aa cMvtSai .cdSoPhceushomri.oo iolc a2l .en U.D fdfniPi sicrvscaoeelcafrry.s ts sa iDprttaoierosor. ncmNeF. paegttgtioeoaarnhil structure. Academic cheating behaviour at high school has been known and discussed frequently. This behaviour can be divided into two forms copying answers from other students and plagiarizing. Academic cheating behaviour is a complex phenomenon and not easily explained from the point of view of the student only. Other factors are peer influence how teachers deliver a lesson pressure from parents and academic atmosphere. The interaction of these factors contributes to academic cheating behaviour. A student who exhibits academic cheating behaviour expects that s/he will achieve a higher mark in the examination test or assignment. This study examined the academic cheating behaviours of copying other students answers exchanging answers cooperating during a test/examination. This study used a quantitative non- 8208 experimental approach and found causality correlation (Gall Borg 2007). The study design examined the correlation among variables simultaneously then determined the inter- 8208 relation between variables or constructs and continued by examining the proposed theoretical model. This study describes a model of academic cheating of 247 high school students (class XI and XII). The study used non- 8208 proportional multistage random stratified sampling that classified the population units into their homogenous groups. This process used two steps measurement tools validity trial (139 students) and model trial (247 students). The results show that the proposed researcher s theoretical model fits with the findings. It was shown by 967 2 0.113 (p 0.05) RMSEA 0.029 (p 0.9). Therefore the proposed researcher s academic cheating theoretical model that cheating behaviour is related to classroom goal structure motivation academic efficacy and peer influence is compatible with academic cheating in this school. Conclusion the causes of academic cheating behaviours are individual (motivation academic efficacy) situational (perception about friend s academic cheating) and contextual (classroom goal structure from teacher). Recommendation school teachers parents should not only blame the student when s/he exhibits academic cheating behaviour. They should improve the dynamic of the teaching method and vary the teaching model to increase the student s mastery motivation.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64937

Actions (login required)

View Item View Item