Mukhoiyaroh (2017) Efek strategi pembelajaran berbasis inquiry terhadap kegigihan belajar siswa / Mukhoiyaroh. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vii ABSTRAK Mukhoiyaroh 2017 Efektifitas Pembelajaran Berbasis Inquiry dalam Meningkatkan Kegigihan Belajar Siswa. Disertasi Program Studi Psikologi pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Dr. Adi Atmoko M.Si. (III) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci Kegigihan belajar pembelajaran berbasis inquiry strategi pembelajaran konvensional. Kegigihan belajar (learning persistence) merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Tuntutan akan kegigihan belajar siswa ini semakin tinggi karena banyaknya kesulitan dan tantangan di era teknologi ini yang harus dicarikan solusinya dengan usaha kegigihan belajar yang perlu dikembangkan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kegigihan belajar siswa adalah dengan memperbaiki strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kegigihan belajar siswa yang mendapat perlakuan berbeda yakni pembelajaran dengan strategi pembelajaran berbasis inquiry dengan strategi pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan non-randomized pre-test post-test control group design. Subyek penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang yang terdiri dari 32 siswa yang terbagi dalam dua kelompok. Kelompok A kelompok yang menerima perlakuan pembelajaran dengan strategi pembelajaran berbasis inquiry. Kelompok yang lain kelompok B yang menerima perlakuan pembelajaran dengan strategi konvensional. Data dikumpulkan dengan kuesioner Skala Kegigihan Belajar yang telah diuji validitas konstruk dengan (KMO 0 865 loading factor terendah 0 534) dan reliabilitasnya (Cronbach s alpha 0.843). Data dianalisis dengan uji Analisis Kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kegigihan belajar siswa yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran berbasis inquiry dengan strategi pembelajaran konvensional (F 16 056 961 0 000) dengan mean A 58 94 mean B 46 63). Berdasarkan hasil penelitian tersebut terbukti bahwa ada perbedaan yang signifikan kegigihan belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis inquiry dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis inquiry lebih tinggi kegigihan belajarnya dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran berbasis inquiry efektif dalam meningkatkan kegigihan belajar siswa. Hasil penelitian ini hendaknya dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk dapat menerapkan pembelajaran berbasis inquiry tidak pada bidang sains saja tetapi dapat mencakup seluruh bidang keilmuan termasuk sosial dan humaniora untuk meningkatkan kegigihan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64936 |
Actions (login required)
View Item |