Efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA / Rahmad Agung Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA / Rahmad Agung Nugraha

Nugraha, Rahmad Agung (2017) Efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA / Rahmad Agung Nugraha. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha Rahmad Agung. 2017. Efek Strategi Pembelajaran Regulasi Diri Terhadap Efikasi Diri Siswa SMA. Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed (III) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. Kata kunci Efikasi Diri Pembelajaran Regulasi Diri Siswa SMA. Dalam dekade terakhir ini pembelajaran regulasi telah menjadi kata kunci dalam bidang pendidikan dan psikologi dan ada banyak bukti empiris yang terlibat berbagai aspek pembelajaran regulasi diri. Pembelajaran regulasi diri membantu siswa SMA mampu untuk mandiri dalam proses pembelajarannya dapat menggunakan strategi membentuk hubungan yang baik sehingga siswa mampu menunjukan sekumpulan kepercayaan motivasi yaitu perasaan efikasi diri yang tetap terpelihara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA. Dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen pretest-postest non equivalent control group design dan menggunakan t-test yaitu teknik statistik yang digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan dua mean yang berasal dari dua atau lebih distribusi dapat diketahui bahwa rata rata post test dan rata- rata pre test efikasi diri menunjukkan bahwa rata-rata efikasi diri post test sebesar 170 5000 dengan Standar Deviasi 10 lebih tinggi dibanding rerata efikasi diri pre test sebesar 163 8848 dengan standar deviasi 13. Sedangkan berdasarkan uji test dapat di ketahui besarnya t hasil hitung adalah 5 706 dengan probalibilitas error hasil analisis lebih kecil dari 5% hasil ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan efikasi diri di tinjau dari tingkatan variabel efikasi yaitu efikasi diri tinggi sedang dan rendah. Dan di tinjau dari uji mean dapat diketahui bahwa efikasi diri tertinggi ada pada variabel yang mempunyai efikasi yang tinggi dengan mean 171.6267 di banding mean efikasi diri sedang dengan besarnya mean 165 9669 sedangkan mean efikasi diri rendah diperoleh mean sebesar 142 3333. Dari hasil Analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA. Saran-saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru SMA diantarannya adalah Guru diharapkan selalu berdialog dengan siswa membantu siswa membangun pengetahuannya Guru diharapkan selalu menjelaskan kegunaan dan pentingnya pembelajaran regulasi diri kepada siswa dan membiasakan dan mengidentifikasikan waktu dan kondisi yang tepat bagi siswa belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran regulasi diri Guru diharapkan menjadi model yang baik dalam pembelajaran regulasi diri dan peduli untuk mengembangkan jenis motivasi di dalam kelas. Saran yang diberikan kepada siswa adalah siswa diharapkan untuk selalu memilih mengerti akan tujuan relevansi tugas dan selalu bekerja sama melibatkan aktivitas dalam pembelajaran terbuka dengan guru dan merasakan dalam proses belajarnya. Saran juga diberikan kepada kepala sekolah yang diharapkan selalu memfasilitasi dan mendukung para guru dalam mengembangkan atau memberikan pembelajaran regulasi diri sehingga tujuan daripada sekolah bisa tercapai secara optimal serta saran juga diberikan kepada peneliti Peneliti Selanjutnya karena pada penelitian ini hanya terfokus pada efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA dengan Quasi Eksperimen sehingga perlunya penelitian kualitatif sebagai pengumpulan data kelengkapan data dan ungkapan siswa dalam pembelajaran regulasi diri serta untuk memantau perkembangan efikasi diri siswa sehingga peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian kualitatif penelitian survey ataupun PTK. Perbedaan rancangan penelitian memungkinkan hasil yang berbeda ataupun sama sehingga dapat memperluas pemahaman efek pembelajaran regulasi diri dan efikasi diri siswa. Penelitian ini hanya menguji efek Pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga perlu meneliti mata pelajaran yang lainnya. Untuk Peneliti berikutnya disarankan untuk menyertakan variabel moderator lain yang dapat menentukan adanya interaksi antar variable seperti keterlibatan siswa di kelas maupun di sekolah orientasi tujuan metakognitif struktur orientasi kelas atau efikasi guru. ABSTRACT Nugraha Rahmad Agung. 2017. The Effect of Self Regulatory Learning Strategy on Self Efficacy senior High School Students. Dissertation Education Psychology Study Program. Post Graduate program. State University of Malang. Supervisors (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed (III) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. Key words Self Efficacy Self Regulatory Learning Senior High School Students In the last decade regulatory learning has become a key word in the field of education and psychology and there are plenty of empirical evidences that involve various aspects of self-regulation learning. Self-regulation learning helps high school students to be independent in their learning process to be able to use strategy establish good relationship so that they are able to show a set of motivational confidence that is self-sustained self-efficacy feeling. The purpose of this study is to know the effect of self-regulation learning strategy on self-efficacy of high school students. Using the quasi-experimental method of pretest-posttest experimental non equivalent control group design and using t-test the statistical technique used to test the significance of the difference between two means derived from two or more distributions can be seen that the average post test and the mean Pre test of self efficacy show that the average self-efficacy post test of 170.5000 with Standard Deviation 10 higher than the mean self-efficacy pre test of 163.8848 with standard deviation 13. While based on the test test can be known the magnitude t count is 5.706 With probability of error result of analysis less than 5% this result proves that there are difference of self efficacy in review from level of efficacy variable that is high moderate and low self efficacy. And in the review of the mean test it can be seen that the highest self efficacy exists in variables that have high efficacy with mean 171.6267 compared with mean mean self efficacy with the mean of 165.9669 while the mean low self efficacy obtained mean of 142.3333. From the results of the analysis can be concluded that the effect of self-regulation learning strategy to self-efficacy of high school students. There are some suggestions in this study. First it is addressed to high school teachers. They are expected to always have a dialogue with students help students building knowledge Teachers are expected to always explain the usefulness and importance of self-regulation learning to students and familiarize and identify the appropriate time and conditions for students to learn Using self-regulated learning strategies Teachers are expected to be good models in self-regulation learning and care to develop the kind of motivation in the classroom. Next suggestion is also given to the principal who is expected to always facilitate and support teachers in developing or provide self-regulation learning so that the purpose of the school can be achieved optimally and also given advice to researchers . next suggestion is also given to the further researchers because this study only focused on the effects of self-regulatory learning strategies against Self efficacy of high school students with Quasi Experiments so that the need for qualitative research so there is a need to have further complete r data collection regarding the expression of students in self-regulation learning and this is important to monitor the development of self-efficacy of students. Therefore this present researcher provides suggestions for further researchers to conduct qualitative research survey research or CAR (Classroom Action Research). Differences in the design of the study allow different or similar results to broaden the understanding of the effects of self-regulation learning and self-efficacy on students. This study only examines the effect of self-regulation learning on self-efficacy of students on Indonesian subjects so it is necessary to examine other subjects. For the next Researcher it is advisable to include other moderating variables that can determine the interaction between variables such as student involvement in the classroom or at school goal orientation metacognitive class orientation structure or teacher efficacy.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64933

Actions (login required)

View Item View Item