Determinasi diri, minat, kompetensi, dan flow pada siswa SMA Negeri di Lombok Timur / Muhamad Takiuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Determinasi diri, minat, kompetensi, dan flow pada siswa SMA Negeri di Lombok Timur / Muhamad Takiuddin

Takiuddin, Muhamad (2017) Determinasi diri, minat, kompetensi, dan flow pada siswa SMA Negeri di Lombok Timur / Muhamad Takiuddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Takiuddin Muhamad. 2017. Determinasi Diri Minat Kompetensi dan Flow pada Siswa SMA Negeri di Lombok Timur. Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (I) Prof Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Dr. H. Adi Atmoko MSi. (III) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. Kata Kunci Determinasi Diri Minat Kompetensi Flow Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi flow pada siswa di Sekolah Menengah Atas. Sesuai dengan tujuan tersebut maka diajukan sebuah model teori flow yang dapat memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung dengan beberapa variabel yaitu determinasi diri kompetensi dan minat siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post fackto. Sampel penelitian berjumalah 275 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala flow skala determinasi diri skala minat siswa dan skala kompetensi. Analisis data menggunakan SEM untuk mengetahui apakah model teoritis flow yang diajukan fit dengan data. Hasil penelitian menunjukkan model teoritis yang diajukan terbukti fit dengan data yang diperoleh. Analisis model struktural menunjukkan bahwa variabel minat dan kompetensi tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap flow. Sedangkan variabel determinasi diri memiliki pengaruh langsung terhadap flow pada siswa. Variabel minat berpengaruh secara langsung terhadap determinasi diri. Variabel kompetensi juga memiliki pengaruh secara langsung terhadap determinasi diri. Berdasarkan hasil penelitian ini maka determinasi diri memiliki sumbangan paling besar terhadap timbulnya flow pada siswa SMA. Determinasi diri siswa meningkat apabila minat dan kompetensi siswa juga meningkat. Minat siswa memiliki pengaruh paling besar terhadap meningkatnya determinasi diri siswa. Kompetensi memiliki sumbangan terhadap meningkatnya determinasi diri siswa. Agar siswa dapat mengalami flow pada saat melakukan aktivitas belajar maka guru perlu melakukan langkah-langkah antara lain meningkatkan determinasi diri siswa. Agar Determinasi diri siswa meningkat maka kompetensi dan minat siswa juga perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64932

Actions (login required)

View Item View Item